5 Cara Pilih Jasa Logistik dari Ninja Xpress, Pebisnis Wajib Tahu

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:00
Dok. Ninja Xpress

Simak tips pilih jasa pengiriman ala Ninja Xpress

CERDASBELANJA.ID – Bagi pebisnis online, memilih jasa logistik menjadi hal utama dalam menentukan keberlangsungan bisnis agar berjalan sesuai dengan rencana.

Jasa logistik sangat erat kaitannya dengan loyalitas pelanggan. Pasalnya, pelanggan yang merasa puas dengan proses pengiriman tanpa hambatan, menjadi pertimbangan yang cukup kuat untuk kembali menggunakan jasa logistik yang sama.

Untuk itu, pebisnis online harus menentukan dengan tepat jasa logistik yang akan digunakan, demi melancarkan paket yang dikirimkan. Terlebih, pada saat ini belanja online tengah digandrungi masyarakat Indonesia.

Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan, tren Indonesia yang memiliki pertumbuhan konsumen belanja digital tertinggi, justru menjadi kesempatan pebisnis online untuk lebih produktif.

Penting diketahui untuk yang baru memulai bisnis online, bahwa memilih jasa logistik tidak hanya dengan mendengar dari mulut ke mulut saja.

“Namun, perlu ditinjau ulang terkait layanan yang diberikan, serta bagaimana jasa logistik tersebut menjamin dapat mengantarkan paket tepat waktu tanpa kerusakan,” ujar Andi.

Baca Juga: Jangan Asal, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Pilih Produk Asuransi

Sebagai bahan pertimbangan bagi pebisnis online yang baru memulai bisnis, maka perlu memperhatikan beberapa hal penting.

Ninja Xpress membagikan lima tips pilih jasa logistik bagi pebisnis online agar tidak salah pilih.

1. Memiliki SOP Pengiriman yang Jelas dan Terpercaya

Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas, akan berpengaruh pada ketepatan waktu pengiriman. SOP yang jelas, biasanya disiapkan secara matang oleh jasa logistik.

Mulai dari proses first mile, atau penjemputan barang dari marketplace menuju gudang, bahkan hingga last mile, barang sampai tepat waktu di tangan pelanggan.

SOP jadi salah satu pertimbangan, bahwa jasa logistik tersebut terpercaya, biasanya sudah banyak digunakan oleh pelaku bisnis dan memiliki track record yang baik.

Baca Juga: 3 Tips Cerdas Atur Rumah Tangga untuk Pasangan Baru ala TheLorry

2. Bekerja sama dengan Marketplace

Penting diperhatikan, jasa logistik yang bekerja sama dengan pemain marketplace besar dan tepercaya, akan mendapatkan keuntungan bagi bisnis.

Seperti Lazada yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan jasa logistik, salah satunya adalah Ninja Xpress.

Mulai dari pengecekan resi yang dapat dilakukan melalui aplikasi Lazada, atau bisa juga dengan aplikasi Ninja Xpress, serta pelaku bisnis dapat dengan bebas melakukan tracking pengiriman lengkap serta detail, dari jam transit, tanggal dan lainnya.

3. Cepat dan Tanggap dalam Pengiriman dan Aduan

Pilih jasa logistik yang selalu mendukung kepentingan konsumen, baik melalui layanan konsumen seperti customer care maupun menghadirkan beragam pilihan bantuan, untuk proses aduan pengiriman barang yang bermasalah.

Seperti di Ninja Xpress, bagi pelaku bisnis yang menemukan kendala pada saat proses penerimaan barang, pembayaran, atau pengembalian barang dapat memanfaatkan Respon Cepat Resolusi Tepat, dari layanan Customer Care yang telah dioptimalkan oleh Ninja Xpress.

Customer care Ninja Xpress, memiliki kecepatan respons selama 30 detik melalui telepon, 3 menit melalui platform chat, 2 jam melalui e-mail dan maksimal 2x24 jam.

Baca Juga: 3 Fitur Ajaib Shopee untuk Seller, Tips Pintar yang Bisa Dilakukan Saat Penjualan Turun

Dok. Ninja Xpress
Dok. Ninja Xpress

Tips pilih jasa logistik

4. Memiliki Berbagai Pilihan Pengiriman

Pelaku bisnis online, biasanya untuk menjaga kestabilan keuangan membutuhkan berbagai macam pilihan paket pengiriman dengan harga yang kompetitif.

Berbagai layanan pengiriman yang biasanya dicari, adalah seperti layanan sameday, atau bahkan COD.

Ninja Xpress juga menyediakan berbagai pilihan pengiriman, agar pelaku bisnis bisa memilih sesuai kebutuhannya.

5. Memiliki Berbagai Program Dukungan untuk Pebisnis

Pemain logistik yang memberikan perhatian lebih kepada bisnis online, biasanya memiliki berbagai macam program loyalitas, khusus untuk memberdayakan bisnis seraya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Program loyalitas, biasanya dalam bentuk penyediaan platform edukasi bisnis, hadiah apresiasi terhadap performa bisnis, hingga menyediakan platform khusus pinjaman modal.

Pemain logistik semacam ini, dapat jadi pilihan untuk pelaku UKM dalam memanfaatkan berbagai macam program loyalitas untuk meningkatkan skala bisnis, agar pesanan datang secara berkelanjutan.

Baca Juga: Tips Pintar Agar Warung Ramai Pembeli, Mitra Shopee Wajib Tahu!

Salah satunya Ninja Xpress yang memiliki beberapa jenis program Ninja Rewards seperti, Point Rewards, Creative Hub, Prima Benefit, Aksilerasi, dan Pinjaman Modal.

Andi menjelaskan, sebagai mitra bisnis online atau UKM, Ninja Xpress berkomitmen selalu memberikan edukasi bagi pebisnis, guna memiliki arah dan terus melakukan peningkatan dalam berbisnis.

Salah satunya melalui fasilitas Ninja Rewards, berbagai program dukungan yang ada di Ninja Rewards seperti Point Rewards, Creative Hub, Prima Benefit, Aksilerasi, dan Pinjaman Modal dapat menggerakkan lebih banyak pelaku UMKM lokal di Indonesia, untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital.

“Untuk itu, berbagai layanan pengiriman yang telah kami sediakan, senantiasa siap bantu pebisnis online sampai tujuan kesuksesan,” tutup Andi. (*)

Baca Juga: Tips Pintar Bisnis Online Pakai Shopee Collaborative Ads, Penjualan Naik Hingga 2x Lipat

Editor : Yunus

Baca Lainnya