Dukung Perubahan, Astra Life Luncurkan Kampanye #BetterSandwichGen

Minggu, 24 Oktober 2021 | 14:00
Astra Life

Astra Life hadirkan kampanye #BetterSandwichGen

CERDASBELANJA.ID – Belakangan ini, istilah Sandwich Generation kembali ramai jadi perbincangan banyak orang.

Untuk mendorong perubahan, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) menginisiasi kampanye #BetterSandwichGen – Dimulai dari Kita.

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengatakan, melalui kampanye ini Astra Life ingin mengajak generasi milenial yang termasuk dalam Sandwich Generation, untuk memulai perubahan menjadi Sandwich Generation yang lebih baik.

Salah satunya, dengan memiliki perencanaan keuangan demi mencapai kesiapan finansial. Ini karena, tentunya kita tidak mau mengurangi tanggung jawab kepada keluarga.

“Namun, dengan perencanaan keuangan yang baik seperti memiliki asuransi, dapat memperbesar kekuatan kita untuk menanggung dan membahagiakan mereka yang kita cintai,” ujar Windawati dalam diskusi virtual, Kamis (21/10).

Nilai kekeluargaan yang lekat di masyarakat Indonesia, mengajarkan bahwa sudah sejatinya setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya ketika sudah dewasa.

Baca Juga: Jangan Asal, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Pilih Produk Asuransi

Termasuk mendukungnya secara finansial, ketika orang tua mereka sudah memasuki usia lanjut.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai Statistik Penduduk Lanjut Usia 2020 menyebutkan, sebanyak 78,27% sumber pembiayaan rumah tangga lansia ditopang oleh anggota rumah tangga yang bekerja.

Sementara itu, Survei Ekonomi Nasional (Susenas) 2017 menunjukkan, sebanyak 62,64% kaum lanjut usia di Indonesia tinggal bersama anak cucunya.

Kondisi ini, memperlihatkan cukup banyak orang Indonesia usia produktif yang menopang orang tua lanjut usia, sekaligus menopang dirinya sendiri dan anak atau bahkan saudara.

Adapun generasi ini dikenal dengan istilah populer Sandwich Generation, atau generasi Sandwich.

Beratnya tanggung jawab yang dihadapi Sandwich Generation, sering kali menjadi polemik. Antara rasa bangga bisa membantu keuangan keluarga, tetapi berat terhimpit banyaknya tanggungan yang harus dicukupi.

Baca Juga: Astra Life Hadirkan Kado Love Life, Inovasi Baru Hadiah Asuransi Jiwa

Hasil survei Katadata Insight Center untuk Astra Life pada bulan September 2021 menyebutkan, sebanyak 83,6% Sandwich Generation di Indonesia percaya kalau mereka mampu merawat tanggungan dengan baik.

Namun faktanya hanya 13,4% yang memiliki kesiapan finansial dalam memenuhi kebutuhan pokok, menabung, dan berinvestasi.

Padahal, dasar perencanaan keuangan yang baik selain memiliki tabungan dan investasi, adalah dengan memiliki asuransi jiwa dan kesehatan, baik untuk diri sendiri maupun untuk keluarga.

Risiko kesehatan tidak dapat dihindari, serta hal ini pun kerap menjadi pengeluaran terbesar dan tidak terduga.

Melalui kepemilikan asuransi, uang pertanggungan dari asuransi jiwa dapat menjadi penyambung hidup keluarga, apabila pencari nafkah atau penopang hidup keluarga harus tutup usia.

Astra Life menyediakan rangkaian produk perlindungan yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan Sandiwch Generation.

Baca Juga: Kembangkan Pasar Ritel dan Produk Halal, Zurich Syariah Siap Jadi Pemain Terdepan Asuransi Syariah di 2024

Tentunya, dengan manfaat menyeluruh melalui produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link) yang dipasarkan melalui jalur distribusi Bank dan Direct Business Astra Life.

Ada pula produk asuransi jiwa dan kesehatan tradisional, dengan kemudahan layanan digital yang dapat di akses melalui e-commerce milik Astra Life, www.ilovelife.co.id dan juga aplikasi mobile banking PermataMobileX.

Kampanye #BetterSandwichGen, juga merupakan bentuk dukungan Astra Life dalam program Bulan Inklusi Keuangan 2021 yang dicanangkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selama bulan Oktober hingga November 2021.

Berbagai rangkaian kegiatan, dilakukan melalui platform interaktif seperti media sosial Instagram dan Twitter dalam bentuk webinar/talk show, serta konten edukatif lainnya.

Kegiatan ini, diinisiasi untuk menyadarkan Sandiwch Generation dalam memiliki kesiapan finansial, serta untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan bagi masyarakat umum.

Informasi lebih lanjut mengenai kampanye ini dapat dilihat pada tautan https://alife.id/bettersandwichgen.

“Dimulai dari kita dengan menjadi Sandwich Generation yang lebih baik saat ini, agar bisa menciptakan generasi penerus yang cerdas finansial dan pada akhirnya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bangsa di masa depan,” tutup Windawati Tjahjadi. (*)

Baca Juga: 4 Hal Penting yang Harus Dipahami dalam Polis Asuransi Allianz

Editor : Yunus

Baca Lainnya