3 Strategi Pilih Rekan Bisnis yang Tepat Agar Bisnis Langgeng Ala Shopee

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:00
DOK. iStock

strategi dalam memilih rekan bisnis

CERDASBELANJA.ID –ShopeePay Talk berbagi tips strategi memilih rekan bisnis dengan mengusung tema Selektif Pilih Teman Dagang, Bisnis Makin Langgeng.

Dalam acara ini, Shopeepay Talk mengundang beberapa narasumber seperti Irvan Helmi selaku Co-founder dan Director of Anomali Coffee & Pipiltin Cocoa dan Helga Angelina selaku Co-founder dan CEO Burgreens & Green Rebel.

Dua narasumber keren ini faktor penting apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih rekan bisnis ala Shopee.

Selain itu, ada juga dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ., sebagai seorang pakar di bidang psikiatri juga turut memaparkan strategi memilih rekan bisnis dari sisi psikologi.

Membangun bisnis bersama rekan yang tepat memang dapat mengakselerasi performa sebuah bisnis.

Hal itu dikarenakan, kehadiran individu lain di dalam bisnis dapat memperluas perspektif, menambah teman bertukar pikiran, menyeimbangkan beban pekerjaan, hingga sinergi modal usaha.

Baca Juga: Tips Pintar Agar Warung Ramai Pembeli, Mitra Shopee Wajib Tahu!

Namun terlepas dari itu, penilaian awal saat memilih rekan bisnis harus tetap dilakukan secara objektif agar tidak menimbulkan penilaian yang biasa.

Berikut adalah beberapa kriteria utama yang dapat dipertimbangkan dalam memilih rekan bisnis.

1. Keterampilan berbeda, tujuan tetap sama

Salah satu fondasi yang dibutuhkan dalam mengembangkan bisnis bersama rekan dapat mulai dibangun dengan mencari rekan bisnis yang memiliki keterampilan berbeda.

Pada dasarnya setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Keterampilan berbeda dapat membantu para pemilik bisnis untuk saling melengkapi satu dengan lainnya dalam mendorong perkembangan bisnis.

Baca Juga: Tips Pintar Bisnis Online Pakai Shopee Collaborative Ads, Penjualan Naik Hingga 2x Lipat

Seperti yang disampaikan oleh Irvan Helmi, Co-Founder and Director of Anomali Coffee & Pipiltin Cocoa.

“Meskipun saya memilih menjadikan sahabat lama dan kakak saya sendiri sebagai rekan bisnis, saya tidak pernah mengenyampingkan kriteria utama yang saya cari dari seorang rekan bisnis yang baik, yaitu adanya perbedaan keterampilan untuk saling melengkapi.”

2. Berkomitmen kuat dan mengutamanakan profesionalitas

Selain keterampilan, rekan bisnis juga pastinya harus mengemban komitmen yang kuat.

Sehingga tiap individu yang terlibat di dalamnya bersedia mengenyampingkan keakuan dan fokus memberikan 100% usahanya untuk mencapai tujuan bisnis yang telah dirancang bersama.

“Bagi saya, memilih rekan bisnis yang mau dan mampu memegang teguh komitmen dapat membantu kita dalam mendorong pertumbuhan bisnis,” ujar Helga Angelina, Co-founder dan CEO Burgreens & Green Rebel.

Baca Juga: Dukung Reseller Sistersel, OCBC NISP Beri Tambahan Modal Rp250 Ribu

3. Memiliki nilai-nilai kehidupan yang sama

Setiap orang memiliki nilai-nilai kehidupan yang mereka pegang teguh dalam menjalani kehidupan.

Memiliki beberapa nilai kehidupan yang sama dapat membantu mereka saling memahami dan menciptakan hubungan bisnis yang lebih langgeng.

“Setiap individu yang memegang beberapa nilai kehidupan yang sama akan lebih mudah untuk saling memahami dan berempati satu sama lain sehingga dapat lebih bijak saat menghadapi konflik bersama,” jelas dr. Jiemi Ardian, Sp.KJ., sebagai seorang psikiater.(*)

Baca Juga: Penghasilan UMKM Meningkat, GoFood Fokus Kembangkan Edukasi Usaha

Editor : Yunus

Baca Lainnya