Jadi Hal Krusial, OVO Perkuat Pengamanan Data Pribadi untuk Pengguna

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:00
Dok. OVO

OVO perkuat pengamanan data pribadi bagi pengguna

CERDASBELANJA.ID – Keamanan data di ranah digital, saat ini kian marak dibicarakan. Beberapa yang sering kali terjadi, adalah kasus penipuan siber di Indonesia, phishing yang mengatasnamakan sebuah institusi dan masih banyak lagi.

Pelindungan data pribadi pun, sekarang ini terus menjadi perhatian Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo).

Kominfo menyebut, salah satu kunci pelindungan data pribadi ada pada subjek data atau pemilik data pribadi itu sendiri.

Penyalahgunaan data, sebetulnya bisa diantisipasi dengan tidak memberikan data pribadi kita kepada pihak lain secara sembarangan.

Sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terdepan di Indonesia, OVO sangat menyadari akan adanya potensi penyalahgunaan data pribadi.

Berpegang pada slogan #dataprivacymatter, OVO terus berupaya memastikan dan meningkatkan keamanan data pribadi pengguna.

Baca Juga: Promo OVO, Maniskan Hari Bersama Kopi Lain Hati Pasti Dapat Cashback Attack 50%

Dengan demikian, dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk tetap menggunakan OVO dalam bertransaksi.

Data Privacy Officer (DPO) Lead OVO Ruben Sumigar mengatakan, OVO selalu berupaya untuk senantiasa memperbaharui Kebijakan Privasi.

Hal ini, dilakukan agar tetap selaras dengan perkembangan teknologi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dalam rangka menghormati hak-hak penggunanya.

“OVO percaya bahwa keamanan data pribadi pengguna merupakan hal yang sangat penting dan menjadi prioritas kami. Melalui multi-layered security system, data pribadi pengguna OVO dapat terjamin keamanannya, sehingga kami dapat terus memberikan pelayanan terbaik, aman, dan tepercaya untuk seluruh pengguna OVO,” ujar Ruben dalam keterangannya, Selasa (19/10).

Ruben melanjutkan, OVO selalu berkomitmen untuk menjaga setiap data pribadi penggunanya.

Setiap aplikasi OVO, dilengkapi dengan fitur security code dan 2-step verification setiap kali pengguna akan masuk ke aplikasi OVO.

Baca Juga: Promo Gajian di Matahari, Bayar Pakai OVO Dapat Cashback Sampai 10%

“Selain terus melakukan edukasi dan imbauan kepada pengguna untuk menjaga data pribadi, OVO telah mempersiapkan sejumlah perangkat teknis yang sifatnya berlapis untuk mencegah terjadinya kebocoran data pribadi penggunanya, yaitu Data Loss Prevention (DLP) Tools,” tambah Ruben.

Di samping itu, sampai dengan saat ini OVO juga telah meningkatkan langkah-langkah pencegahan penipuan.

Antara lain, dengan adanya tim Information Security (InfoSec) yang memiliki fungsi untuk mencegah, serta memitigasi terjadinya kebocoran data pribadi penggunanya.

OVO juga telah melaksanakan amanah yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, dengan menempatkan setiap data pribadi penggunanya pada suatu pusat data (data centre) yang terletak di Indonesia.

OVO akan terus berupaya untuk memperkuat mekanisme pengamanan data pribadi penggunanya.

Sebagaimana diamanatkan, dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik dan PBI Nomor 22/20/PBI/2020 tentang Perlindungan Konsumen BI.

Baca Juga: 4 Tahun Hadir di Indonesia, OVO Terus Perluas Layanan Keuangan Digital

OVO telah memiliki Data Privacy Officer (DPO) internal tersendiri. Ke depannya, OVO DPO tengah mempersiapkan sejumlah materi edukasi yang dapat digunakan di sejumlah platform media sosial OVO.

Ini dilakukan, untuk meningkatkan kesadaran penggunanya, akan pentingnya pelindungan terhadap data pribadi mereka.

Isu keamanan data pribadi, memang saat ini menjadi perhatian semua pihak. Untuk itu, OVO kerap kali mengimbau kepada pengguna untuk tidak memberikan PIN/Password/OTP kepada siapapun bahkan petugas Customer Service OVO.

Namun, tidak lupa juga OVO menganjurkan seluruh pengguna agar secara berkala memperbarui atau mengganti password OVO mereka.

OVO juga tetap membuka layanan ‘Pusat Bantuan OVO’ yang terdapat di aplikasi, telepon (1500 696), maupun e-mail (cs@ovo.id) yang akan dengan siap sedia membantu pengguna atau menindaklanjuti setiap keluhan atau permasalahan yang dialami. (*)

Baca Juga: Ini Cara Aktifkan Gopay Jadi Opsi Pembayaran Utama di Tokopedia

Editor : Yunus

Baca Lainnya