Berhasil Bertahan Selama 4 Dekade, Catat 3 Kunci Sukses Es Teler 77

Minggu, 10 Oktober 2021 | 11:00
Dok. Shopeepay

Gerai Es Teler 77

CERDASBELANJA.ID – Mempertahankan eksistensi suatu bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk dapat sukses melintasi berbagai generasi.

Diperlukan kecermatan untuk merumuskan strategi yang tepat, agar bisnis dapat berkembang dan unggul di tengah persaingan pasar. Terlebih, di tengah era digital yang mana perilaku pelanggan sudah banyak berubah.

Adaptasi terhadap perkembangan digital, sangat diperlukan untuk terus mengakomodasi kebutuhan pasar. Layaknya yang dilakukan oleh Es Teler 77, salah satu restoran legendaris Indonesia yang mampu eksis hampir 4 dekade.

Baca Juga: 3 Kesalahan Umum dalam Membangun Bisnis, Pengusaha Pemula Wajib Tahu!

Pada tahun 1982, mendiang Sukyatno Nugroho bersama istrinya, Yenny Setia Widjaja, mendirikan Es Teler 77.

Es Teler 77, didirikan setelah mendapat inspirasi dari sang ibu mertua yang berhasil memenangkan lomba membuat es teler di tingkat nasional. Melalui kemenangan tersebut, ia dan keluarga membuka warung es teler sederhana di bilangan Jakarta Pusat.

Saat ini, gerai Es Teler 77 telah berkembang menjadi 140 gerai yang tersebar di Indonesia maupun mancanegara.

Memasuki dekade keempat berbisnis, Es Teler 77 tak lagi hanya identik dengan hidangan es teler, tetapi juga berbagai menu kuliner khas Indonesia yang menjadi kegemaran masyarakat.

Marketing Es Teler 77 Renno Restiano mengatakan, keberhasilan Es Teler 77 dalam bertahan selama hampir 4 dekade tentunya bukan tanpa berbagai tantangan.

Namun, hal tersebut mencerminkan komitmen Es Teler 77 dalam menghadirkan layanan terbaik, serta berbagai makanan dan minuman yang berkualitas.

Baca Juga: Begini Cara Mengaktifkan Bluebird Kirim di Shopee via Seller Centre

Renno mengeklaim, pihaknyasenantiasa melakukan perubahan terhadap strategi yang diterapkan, agar dapat bertahan seiring dengan perubahan zaman.

"Kami harap keberhasilan kami dalam bertahan dan berkembang selama ini dapat menjadi contoh bagi pebisnis pemula yang berkeinginan merintis bisnisnya sendiri,” ujar Renno dikutip dalam keterangannya, Sabtu (9/10).

Kesuksesan bisnis Es Teler 77 tentunya tidak diraih dengan mudah. Untuk memberikan inspirasi, Es Teler 77 membagikan 3 kunci sukses yang diterapkan agar sukses bertahan hingga ke era digital.

1. Konsistensi Jadi Kunci Utama

Menurut Renno, kunci dari bisnis yang sukses terletak pada produk atau layanan yang ditawarkan. Untuk terus bertahan dan berkembang dari tahun ke tahun, Es Teler 77 selalu berusaha untuk mengedepankan kualitas produk, serta mempertahankan cita rasa autentik yang telah membuahkan kesetiaan pelanggan.

Menurut Renno, tanpa konsistensi rasa dan pelayanan yang baik, akan sulit untuk mengharapkan para pelanggan untuk kembali bertransaksi di gerai Es Teler 77.

“Selain aspek rasa dari makanan dan minuman yang dihadirkan, kami juga memastikan bahwa layanan yang diterima pelanggan terus konsisten, sehingga dapat menghasilkan rasa nyaman dan keinginan untuk kembali ke restoran kami,” tambahnya.

Baca Juga: Seller Wajib Tahu! Cara Dapat 6 Fasilitas Gratis di Kampus UMKM Shopee Ekspor

2. Terbuka untuk Beradaptasi Sesuai Zaman

Selain menjaga cita rasa masakan yang autentik, Es Teler 77 juga selalu mengikuti apa yang tengah digemari oleh masyarakat dan berinovasi dalam menciptakan menu baru.

Menurut Renno, pihaknya percaya bahwa pelanggan adalah raja. Oleh karena itu, Es Teler 77 selalu berusaha untuk menyesuaikan strategi bisnis kami dengan keinginan masyarakat. Tidak hanya dari segi menu, tetapi juga dalam metode pembayaran yang diterima seperti Shopeepay.

“Kami melihat semakin banyak masyarakat yang ingin bertransaksi secara digital. Selain lebih aman di masa pandemi, penyedia layanan digital seperti Shopeepay juga menawarkan berbagai promo menarik yang menguntungkan bagi pelanggan kami,” tambahnya.

3. Maksimalkan Promosi dan Kolaborasi di Momen yang Tepat

Selama hampir empat dekade melalui pasang surut bisnis, hal yang terus dilakukan oleh Es Teler 77 untuk mempertahankan eksistensinya, adalah melakukan promosi secara strategis di momen yang tepat.

Salah satu momen yang dipilih Es Teler 77 untuk melakukan promosi, adalah di tanggal cantik setiap bulannya. Renno menjelaskan, situasi pandemi tentunya membawa dampak kepada bisnis Es Teler 77.

“Namun, berkat bekerja sama dengan Shopeepay dan berpartisipasi dalam kampanye tanggal cantik, kami dapat meningkatkan jumlah transaksi menggunakan Shopeepay hingga 100%. Kampanye yang dihadirkan oleh Shopeepay, semakin mendorong pelanggan setia kami untuk bertransaksi di gerai-gerai kami berkat promo yang dihadirkan,” jelas Renno.

Baca Juga: Seller Wajib Tahu! Cara Dapat 6 Fasilitas Gratis di Kampus UMKM Shopee Ekspor

Di bulan Oktober ini, Es Teler 77 turut berpartisipasi di kampanye tanggal cantik 10.10 ShopeePay Double Deals.

Melalui kampanye tersebut, beragam hidangan dari Es Teler 77 bisa dinikmati dengan lebih hemat berkat adanya promo seperti Buy 1 Get 1 Deals, Voucher Cashback 100% seharga Rp100, hingga Flash Sale Rp1.

Berkat tiga kunci sukses inilah Es Teler 77 dapat terus bertahan selama hampir empat dekade, bahkan dalam situasi pandemi sekalipun.

Renno menambahkan, di tengah pandemi, layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood juga sangat membantu untuk terus menghadirkan kemudahan dan keuntungan berlebih.

“Apalagi dengan beragam promo menarik, bagi para pelanggan kami yang ingin bersantap dari rumah. Setiap bisnis memiliki kesempatan untuk sukses dan bertahan selama beberapa dekade, tetapi ketiga hal tersebut sebaiknya selalu dilakukan agar dapat terus bertahan dan berkembang seiring perkembangan zaman,” tutup Renno. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya