Tips Memulai Bisnis untuk Pemula ala UMKM Mitra Shopee, Wajib Coba!

Minggu, 03 Oktober 2021 | 20:00
Dok. Shopee

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula ala UMKM Mitra Shopee

CERDASBELANJA.ID – Situasi pandemi yang tidak kunjung berakhir, membuat banyak orang mencari celah untuk mendirikan usaha lokal.

Salah satu pelaku usaha yang memulai inisiatif ini, adalah Lilis Fatimah, seorang freelancer yang mengandalkan proyek pelatihan sistem excel untuk digitalisasi data bagi para guru sekolah dasar di Bandung.

Lilis terpaksa menghentikan pekerjaannya karena situasi pandemi dan PPKM yang melarang aktivitas berkumpul.

Baca Juga: Kesempatan Bagi UMKM, Shopee Kenalkan Kampus UMKM Shopee Ekspor

Namun di balik mata pencaharian Lilis yang hilang sementara, ia berhasil bangkit dan menjajaki jalan rezeki yang baru melalui Mitra Shopee.

Mitra Shopee adalah aplikasi penyedia produk digital, seperti pulsa dan paket data, voucher game, listrik PLN (token dan tagihan), serta tagihan lainnya (Angsuran Kredit, BPJS Kesehatan, PDAM, tagihan pasca bayar, Telkom, dan TV Kabel.

Melalui aplikasi Mitra Shopee, pengguna dapat melakukan seluruh transaksi dengan ponsel dalam satu aplikasi Mitra Shopee secara aman.

Setelah berhenti dari pekerjaannya, Lilis dan suaminya membuka kios kecil di depan rumah dan mulai bergabung dengan Mitra Shopee.

Melalui kegigihan Lilis untuk kembali bangkit di tengah pandemi, usahanya kini mulai membaik dan membuahkan hasil.

Untuk membantu para UMKM lokal lainnya dalam memulai bisnis baru di tengah pandemi ini, berikut adalah sejumlah tips memulai bisnis untuk pemula ala Lilis.

Baca Juga: Tak Seperti Shopee Pinjam, Ini Cara Ajukan Pinjaman Modal Shopee Melalui Jenius, Limit Hingga Rp50 Juta

1. Manfaatkan Peluang dari Kebutuhan Masyarakat

Tips memulai bisnis untuk pemula yang pertama, adalah harus pintar memanfaatkan peluang. Di masa PPKM, kebutuhan akan produk digital sangatlah tinggi, mulai dari kebutuhan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan kerabat, pemanfaatan internet, dan konektivitas listrik yang memadai.

Untuk itu, menambah ragam produk di toko sembako dengan produk digital merupakan pilihan tepat, seperti yang dilakukan Lilis dengan bergabung ke Mitra Shopee yang memiliki ragam produk digital.

“Selain pilihan produk yang lengkap, melalui Mitra Shopee transaksi pun cepat masuk atau tercatat secara otomatis. Kini fiturnya pun semakin banyak, sehingga sangat membantu kami sebagai agen, salah satunya yang terbaru, yaitu Fitur Kontak Mitra,” jelas Lilis.

2. Tentukan Harga yang Bersaing

Tips memulai bisnis untuk pemula yang kedua, adalah tentukan harga produk bersaing. Riset pasar, sangat menentukan kelancaran bisnis yang dijalankan karena berpengaruh ke kemampuan bersaing dengan kompetitor.

Riset tidak hanya dapat memberikan gambaran akan peluang produk atau layanan yang dijual, tetapi juga dapat membantu kita dalam memproyeksikan harga yang dapat bersaing dengan kompetitor.

Dengan demikian, kita dapat memberikan keuntungan berupa promo maupun harga yang lebih terjangkau untuk menarik pelanggan.

Baca Juga: 5 Cara Dapat Koin Shopee Berlimpah yang Wajib Diketahui, Nomor 3 Paling Mudah

3. Lakukan Strategi Pemasaran yang Unik

Tips memulai bisnis untuk pemula yang ketiga, adalah melihat celah strategi pemasaran yang unik. Lilis menyadari betul pentingnya promosi, terlebih pada saat pertama kali ia menjual produk digital.

Salah satu hal yang dilakukan Lilis adalah menyebarkan informasi yang disertai promosi melalui media sosial, seperti grup WhatsApp dengan kerabat dan tetangga sekitar. Ia pun selalu membuat poster yang diletakkan di depan etalase tokonya, untuk menginformasikan harga promosi yang ia adakan sesekali.

“Selain promo, saya juga menyediakan camilan kemasan untuk para pelanggan yang membawa anak kecil ketika membeli token listrik, sehingga mereka senang dan kemudian bisa menjadi langganan di toko saya,” tutur Lilis.

Lilis merasa, Mitra Shopee telah membantunya dan suami dalam mendapatkan peluang bisnis yang baru tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Hal ini menjadi solusi yang efektif terutama di situasi pandemi. Menurut Lilis, para pengusaha baru tidak perlu patah semangat jika satu pintu rezeki tertutup.

Baca Juga: 5 Cara Dapat Koin Shopee Berlimpah yang Wajib Diketahui, Nomor 3 Paling Mudah

Daripada bersedih, Lilis menyarankan para pengusaha untuk melihat sekitar dan beradaptasi dengan cepat.

“Misalnya dengan memanfaatkan teknologi digital yang semakin bermanfaat bagi kehidupan kita. Jangan ragu pula untuk mengandalkan Mitra Shopee dalam memulai berbisnis produk digital,” tutup Lilis. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya