PPKM Diperpanjang Lagi Sampai 30 Agustus, Jabodetabek Turun ke Level 3

Selasa, 24 Agustus 2021 | 08:00
Kompas.com

Presiden Jokowi umumkan perpanjangan PPKM hingga kelonggaran aturan

CERDASBELANJA.ID – Pada Senin (23/8) Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Kali ini, PPKM diperpanjang sampai 30 Agustus 2021 mendatang. Selama PPKM level 4 berlangsung, Jokowi mengaku terjadi penurunan kasus konfirmasi positif.

“Sejak titik puncak pada tanggal 15 Juli 2021, kasus konfirmasi positif terus menurun dan sekarang ini sudah turun sebesar 78%. Angka kesembuhan secara konsisten juga lebih tinggi dibandingkan beberapa waktu lalu,” ujar Jokowi dalam keterangan persnya, Senin (23/8).

Baca Juga: Emas Dianggap Sebagai Aset Safe Haven, Simak Penjelasannya di Sini

Di sisi lain, Jokowi mengumumkan selama perpanjangan PPKM tanggal 24-30 Agustus 2021, ada beberapa daerah level 4 yang turun ke level 3.

Untuk Pulau Jawa dan Bali, wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya dan beberapa wilayah kota/kabupaten lainnya sudah bisa berada pada level 3, mulai tanggal 24 Agustus.

Pasalnya, kata Jokowi, untuk Pulau Jawa-Bali ada perkembangan yang cukup baik. Misalnya dari wilayah level 4 sebanyak 67 kabupaten/kota, kini berkurang menjadi 51 kabupaten/kota.

Kemudian, untuk daerah dengan level 3 dari 59 kabupaten/kota kini menjadi 67 kabupaten/kota. Terakhir, untuk wilayah level 2 dari 2 kabupaten/kota kini menjadi 10 kabupaten/kota.

Melihat adanya perbaikan dari beberapa indikator, pemerintah pun mempertimbangkan untuk melakukan penyesuaian secara bertahap atas beberapa pembatasan kegiatan masyarakat.

Di antaranya seperti pembukaan tempat ibadah, untuk makan di tempat (dine-in) di restoran diperbolehkan sampai pukul 20:00, mal boleh buka sampai pukul 20:00 dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Cara Nabung dan Investasi Menguntungkan ala Tokopedia, Gampang!

“Kebijakan ini akan diatur lebih lanjut oleh pemerintah melalui Inmendagri,” tutur Jokowi.

Meski demikian, jika beberapa tempat tersebut menimbulkan klaster penularan Covid-19 baru, maka pemerintah akan melakukan penutupan selama 5 hari.

Di sisi lain, pemerintah juga menyoroti cakupan vaksinasi yang terus meningkat. Saat ini ada sebanyak 90,59 juta dosis vaksin sudah disuntikkan kepada masyarakat.

“Saya minta kepada Menteri Kesehatan, sampai akhir bulan Agustus ini kita harus bisa mencapai penyuntikan lebih dari 100 juta dosis vaksin,” tutup Jokowi.

Walaupun situasi Covid-19 menunjukkan perbaikan, tetapi pemerintah akan terus menyikapinya dengan hati-hati dan penuh kewaspadaan.

Pembukaan kembali aktivitas masyarakat, juga tetap harus dilakukan secara bertahap seiring dengan peningkatan protokol kesehatan, testing, dan tracing yang tinggi, serta cakupan vaksinasi yang semakin luas. (*)

Baca Juga: Setelah Kena Covid-19 dan Alami Badai Sitokin, Deddy Corbuzier Terharu Dengar Kisah Dokter yang Merawatnya Hingga Melakukan Hal Tak Terduga Ini

Editor : Yunus

Baca Lainnya