Lewati PPKM Darurat, 3 Transaksi di Tokopedia Ini Alami Lonjakan Besar

Selasa, 27 Juli 2021 | 16:00
Dok. Tokopedia

Tokopedia mencatat ada lonjakan transaksi di 3 kategori platform-nya.

CERDASBELANJA.ID – Kini, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan masa PPKM level 4 sampai 2 Agustus 2021.

Kebijakan PPKM level 4 ini, mendorong masyarakat untuk lebih banyak beraktivitas dari rumah, termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak heran jika belanja online pun semakin menjadi andalan sebagian besar masyarakat.

Sebelumnya, pemerintah telah melaksanakan PPKM Darurat pada periode 3-20 Juli 2021.

Baca Juga: Kampanye Waktu Indonesia Belanja Tokopedia Dimulai, Kejar Diskon 90%

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia mencatat adanya beberapa kategori yang mengalami lonjakan transaksi.

“Selama tiga minggu pertama masa PPKM Darurat berlangsung, kategori Kesehatan, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga merupakan tiga kategori di Tokopedia dengan lonjakan penjualan paling signifikan,” ujar Ekhel dikutip dalam keterangannya, Senin (26/7).

Berikut adalah perincian kategori yang mengalami lonjakan transaksi selama masa PPKM Darurat.

1. Kesehatan

Kategori pertama yang mengalami lonjakan transaksi selama masa PPKM Darurat, adalah kategori kesehatan.

Produk kesehatan seperti oximeter, vitamin, dan masker menjadi produk yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia, selama 3 minggu pertama PPKM Darurat berlangsung.

“Masyarakat bisa mengunjungi ‘Tokopedia Peduli Sehat’ untuk mendapatkan produk kesehatan pilihan yang sudah terkurasi dengan deretan kemudahan lainnya, termasuk diskon hingga 90%,” terang Ekhel.

Baca Juga: Tips Mengemas Makanan dan Minuman ala Tokopedia, Pasti Anti Tumpah

2. Makanan dan Minuman

Kategori kedua yang mengalami lonjakan transaksi selama masa PPKM Darurat, adalah makanan dan minuman

Selama masa PPKM Darurat berlangsung, produk kopi, paket dan parsel makanan, serta bumbu dan bahan makanan, merupakan beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat.

Masyarakat pun bisa menemukan beragam pilihan makanan dan minuman dari para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal makanan dan minuman, melalui ‘Tokopedia NYAM!’.

3. Rumah Tangga

Kategori ketiga yang mengalami lonjakan transaksi selama masa PPKM Darurat, adalah rumah tangga.

“Di sisi lain, pada kategori Rumah Tangga, produk-produk yang paling populer di antaranya handuk, bantal tidur, serta cairan desinfektan,” ujar Ekhel.

Baca Juga: 5 Cara Jalankan Bisnis Kuliner Online ala Tokopedia, Dijamin Untung

Kesadaran masyarakat akan proteksi kesehatan di rumah pun terus meningkat. Hal ini terlihat dari cairan desinfektan yang semakin banyak diburu oleh masyarakat.

Mulai dari kemasan botol kecil yang mudah dibawa-bawa, hingga cairan desinfektan refill dalam kemasan besar. (*)

Tag

Editor : Yunus