5 Cara Mencapai Target Bisnis Online ala Tokopedia, Pasti Sukses

Senin, 28 Juni 2021 | 21:00
seller.tokopedia.com

Simak cara mencapai target bisnis online ala Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Di dalam menjalankan bisnis online, pastinya kita sudah membuat target tertentu agar bisnis kita semakin berkembang.

Meski demikian, untuk mencapai target yang ditentukan bukanlah hal yang mudah. Apalagi, jika kita masih baru dalam bisnis online.

Untuk itu, kita perlu menggunakan tips cara mencapai target bisnis online yang bisa menjadi panduan kita dalam berjualan.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Sampingan untuk Pelajar ala Tokopedia, Modal Minim!

Melalui tips mencapai target bisnis online, kita bisa merencanakan penjualan dengan lebih matang dan mencapai target yang sudah ditetapkan.

Tidak hanya mencapai target, kita bahkan bisa mengembangkan bisnis online kita dengan lebih cepat.

Berikut adalah beberapa tips cara mencapai target bisnis online ala Tokopedia yang bisa kita terapkan pada usaha kita.

1. Tulis Daftar Target

Tips mencapai target bisnis online yang pertama, adalah tulis daftar target secara terperinci. Tulis daftar target tersebut di tempat yang mudah dilihat.

Seiring berjalannya waktu, akan muncul banyak hal-hal yang akan mengubah tujuan utama kita, atau bahkan membuyarkan fokus terhadap target tersebut. Untuk itu, kita perlu menulis target tersebut dan meletakkannya di tempat yang bisa selalu kita lihat.

Melalui cara ini, kita bisa membuat kerangka untuk mempertimbangkan langkah apa yang harus diambil untuk mencapai target tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Jualan Online untuk Pemula ala Tokopedia, Dijamin Manjur!

2. Bangun Motivasi

Tips mencapai target bisnis online yang kedua, adalah bangun motivasi untuk mencapai target. Biasanya motivasi dan dorongan dari hatilah yang membuat kita lebih bersemangat.

Bayangkan betapa nikmatnya jika kita berhasil mencapai target dan menjadi sukses. Setelah mencapai target tersebut, kita bisa melakukan banyak hal lain untuk bisnis online kita.

Kita bisa menjadikan hal-hal tersebut sebagai motivasi untuk diri sendiri. Melalui pola pikir ini, kita tidak akan membiarkan bisnis jatuh ke dalam kegagalan. Kita juga cenderung akan berusaha sekuat mungkin, untuk menghindar dari kegagalan dan mencapai target kita.

3. Lakukan Evaluasi

Tips mencapai target bisnis online yang ketiga, adalah melakukan evaluasi terhadap setiap target bisnis online kita.

Buatlah daftar apakah cara yang digunakan untuk mencapai target bisnis ini cukup berhasil atau tidak. Jika cara yang digunakan tidak berhasil, maka kita perlu mencari cara lain untuk mencapai target tersebut.

Pasalnya jika kita tetap melakukan cara yang sama, kita tidak akan bisa maju ke langkah selanjutnya untuk menuju pencapaian target bisnis kita.

Baca Juga: 4 Tips Maksimalkan Penjualan ala Tokopedia, UMKM Lokal Wajib Tahu!

4. Jangan Mencari Alasan

Tips mencapai target bisnis online yang keempat, adalah hindari mencari alasan untuk mengulur waktu.

Alasan-alasan tersebut, biasanya muncul di pikiran kita karena ketakutan yang ada dalam pikiran kita. Misalnya, kita memiliki target untuk bekerja sama dengan mitra baru untuk mengembangkan bisnis.

Namun, kita tidak memulainya karena takut merasa tidak cocok, takut ditipu, dan takut menghadapi risiko lainnya. Hindari alasan dan rasa takut untuk keluar dari zona nyaman. Hindari pemikiran negatif agar masalah bisa teratasi.

5. Buat Time Table

Tips mencapai target bisnis online yang kelima, adalah buat time table. Gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan.

Terlalu banyak target yang harus dicapai dalam waktu yang sempit akan menyebabkan banyak target yang tidak tercapai. Untuk itu, kita perlu membuat time table untuk setiap action plan yang dibuat.

Baca Juga: Cara Optimalkan Media Sosial untuk Jualan ala Tokopedia, Khusus Seller

Sesuaikan waktu dan SDM yang dibutuhkan, untuk menyelesaikan suatu project dengan beban dan tingkat kesulitan yang dihadapi.

Jangan terlalu memaksakan jika terlihat tidak memungkinkan yang bisa saja malah membuat kita kewalahan. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya