4 Tips Maksimalkan Penjualan ala Tokopedia, UMKM Lokal Wajib Tahu!

Kamis, 24 Juni 2021 | 22:00
Dok. Tokopedia

Pada momen HUT DKI Jakarta, Tokopedia membagikan tips maksimalkan penjualan.

CERDASBELANJA.ID – Di masa pandemi ini, kita perlu menerapkan tips khusus, terutama untuk memaksimalkan penjualan bisnis online di Tokopedia.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, salah satu kunci utama untuk beradaptasi di masa pandemi adalah dengan berinovasi dan berkolaborasi.

“Terus berinovasi dan berkolaborasi menjadi kata kunci yang selalu kami coba gaungkan,” ujar Ekhel dalam diskusi virtual, Selasa (22/6).

Baca Juga: Catat, Ini 4 Cara Bikin Konten Media Sosial yang Menarik ala Tokopedia

Pasalnya, kata Ekhel, inovasi dan kolaborasi bisa menjadi jembatan untuk membantu UMKM bertahan di tengah kondisi ini.

Selain inovasi dan kolaborasi, Ekhel menjelaskan masih ada 4 tips maksimalkan penjualan lainnya yang bisa diterapkan.

Berikut adalah perincian tips maksimalkan penjualan produk ala Tokopedia, khususnya untuk UMKM lokal.

1. Manfaatkan Fitur di Tokopedia

Tips maksimalkan penjualan ala Tokopedia yang pertama, adalah manfaatkan sebaik mungkin semua fitur di Tokopedia.

Beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan oleh seller di Tokopedia adalah fitur Voucher Toko, Top Ads, Bebas Ongkir, Dekorasi Toko, serta Broadcast Chat.

“Perlu diingat, Tokopedia punya 100 juta pengguna aktif bulanan. Jadi jangkauan pasarnya lebih luas, ini bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan customer dan meningkatkan exposure,” ujar Ekhel.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Ide Bisnis Menguntungkan ala Tokopedia, Anti Musiman

2. Ikuti Berbagai Program dan Kampanye Tokopedia

Tips maksimalkan penjualan ala Tokopedia yang kedua, adalah aktif mengikuti berbagai program atau kampanye yang diadakan Tokopedia.

Beberapa kampanye yang rutin diadakan Tokopedia, adalah Waktu Indonesia Belanja (WIB), Bangga Buatan Indonesia (BBI), Home Living SALEbrations, Fashion Art Market dan sebagainya.

“Kami memberikan panggung bagi para penjual yang diadakan secara rutin. Berbagai kampanye ini, sangat bisa dimanfaatkan oleh para penjual untuk menarik pelanggan,” ungkap Ekhel.

3. Manfaatkan Aplikasi Tokopedia Seller

Tips maksimalkan penjualan ala Tokopedia yang ketiga, adalah memanfaatkan aplikasi Tokopedia Seller. Ekhel menjelaskan, kita memang bisa berjualan melalui aplikasi Tokopedia biasa.

Meski demikian, Tokopedia juga menyediakan aplikasi khusus bernama Tokopedia Seller yang bisa memudahkan penjual untuk berjualan online. Tokopedia Seller juga dilengkapi dengan fitur statistik, serta chat langsung yang bisa memudahkan dalam berkomunikasi dengan konsumen.

“Tokopedia seller banyak menawarkan fungsi yang dapat meningkatkan produktivitas, serta membantu para penjual untuk bisa mengembangkan bisnisnya lebih jauh,” paparnya.

Baca Juga: 5 Tips Belanja Kebutuhan Pernikahan Hemat ala Tokopedia, Wajib Catat

4. Melakukan Inovasi

Tips maksimalkan penjualan ala Tokopedia yang keempat, adalah melakukan inovasi produk. Inovasi ini, dilakukan untuk bisa bertahan di tengah persaingan bisnis.

Penjual bisa memanfaatkan momen-momen tertentu, misalnya HUT DKI Jakarta, Hari Kartini, Hari Kemerdekaan dan sebagainya. Salah satu inovasi yang bisa dihadirkan, adalah dengan membuat produk khusus yang hanya dijual pada momen tertentu saja. Dengan demikian, pelanggan bisa mendapatkan produk eksklusif dan bervariasi.

“Selain inovasi, bagaimana produk itu dikemas dan diterima dengan baik oleh pelanggan juga jadi hal yang tidak kalah penting,” tutup Ekhel. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya