Cara Meminimalkan Komplain Toko ala Tokopedia, Jualan Lebih Lancar

Selasa, 15 Juni 2021 | 21:00
Dok. Tokopedia

Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Salah satu hal yang perlu diwaspadai pada saat menjalankan bisnis online adalah komplain pengembalian barang dari pelanggan.

Sebagai seorang penjual produk secara online, tentunya kita menginginkan agar produk yang dijual tidak mendapatkan komplain atau bahkan dikembalikan oleh pembeli (retur).

Meski demikian, pada kenyataannya komplain dan retur hampir selalu terjadi pada bisnis online.

Baca Juga: Tips Bisnis Online dengan Sistem Pre-Order ala Tokopedia, Pasti Lancar

Hal yang bisa dilakukan adalah meminimalkan komplain toko, agar tidak sering terjadi.

Di dalam hal ini, kita perlu tahu cara meminimalkan komplain toko agar bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal.

Mengutip dari blog Tokopedia, berikut adalah cara meminimalkan komplain toko ala Tokopedia yang bisa kita terapkan.

1. Foto Asli Produk

Cara meminimalkan komplain toko ala Tokopedia yang pertama, adalah dengan menggunakan foto asli produk. Sering kali seller memajang foto yang diambil dari situs web atau supplier-nya.

Akibatnya, gambar dengan produk asli memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, seller disarankan untuk tidak mengambil foto dari situs web lain yang terlalu berbeda dari produk aslinya.

Seller juga disarankan untuk mengambil gambar dengan resolusi dan pencahayaan yang baik. Pasalnya, kedua hal tersebut akan membuat pembeli dapat melihat kualitas produk yang sebenarnya.

Baca Juga: Keuntungan Fitur Pre-order di Tokopedia, Jualan Bisa Lebih Nyaman

2. Deskripsi Produk yang Spesifik

Cara meminimalkan komplain toko ala Tokopedia yang kedua, adalah menulis deskripsi produk yang lebih spesifik. Di dalam proses jual-beli online, pembeli membeli tanpa melihat produk secara langsung.

Hal ini, menyebabkan pembeli sangat bergantung kepada deskripsi produk yang disediakan oleh penjual. Apalagi, seringnya pembeli tidak menanyakan terlebih dahulu kelengkapan dari produk yang dibelinya, serta beranggapan bahwa kelengkapan barang tersebut sudah ada.

Pada akhirnya, hal ini akan berujung pada komplain dan retur barang. Oleh karena itu, penjual disarankan untuk menyediakan deskripsi produk secara spesifik. Tidak hanya spesifik, deskripsi yang tidak melebihkan atau mengurangi fitur dan kualitas produk akan menghindarkan seller dari retur barang.

3. Panduan Penggunaan Produk

Cara meminimalkan komplain toko ala Tokopedia yang ketiga, adalah mencantumkan panduan penggunaan produk. Retur dan komplain juga sering terjadi karena pembeli tidak mengerti cara penggunaan barang.

Misalnya, produk yang dibeli merupakan produk yang perlu dirakit sendiri, tetapi penjelasan dalam deskripsi produk kurang jelas. Hal ini dapat menyebabkan pembeli merasa bahwa produk tidak sesuai.

Tidak jarang pembeli bahkan menganggap bahwa produk tidak lengkap, karena ketidaktahuannya dalam menggunakan produk. Oleh karena itu, panduan penggunaan dari seller bisa mengurangi komplain barang.

Baca Juga: 5 Tips Jualan Online ala Pebisnis Lokal Tokopedia, Dijamin Bisa Untung

4. Melakukan Pengecekan Akhir

Cara meminimalkan komplain toko ala Tokopedia yang keempat, adalah selalu melakukan pengecekan akhir. Retur paling sering terjadi, karena produk rusak ataupun kesalahan pengiriman.

Oleh karena itu, melakukan pengecekan sebelum pengiriman sangat penting untuk menghindari komplain. Pengecekan bukan hanya pada produk saja, tetapi juga pada pengemasan produk, karena kerusakan sering terjadi selama pengiriman barang.

Pengecekan terakhir terhadap produk dan packaging akan menghindarkan kerusakan selama pengiriman dan kesalahan mengirim barang. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya