Kampanye Bangga Buatan Indonesia, Transaksi Tokopedia Meningkat

Minggu, 30 Mei 2021 | 09:00
Dok. Tokopedia

Kampanye Bangga Buatan Indonesia

CERDASBELANJA.ID – Beberapa waktu lalu, pemerintah menetapkan kampanye Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada periode 5-13 Mei 2021.

Tujuan dari kampanye BBI ini, adalah untuk memberikan ruang sebanyak-banyaknya kepada pengusaha lokal agar bisa semakin dikenal dan dicintai oleh masyarakat lokal.

Tidak hanya bermanfaat, ternyata kampanye BBI juga meraih antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat.

Baca Juga: Promo Cashback Tokopedia, Pesan Tiket Hotel dan Pesawat Dapat Untung

Kampanye BBI ini, didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia, termasuk Tokopedia.

External Communications Senior Lead, Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, Tokopedia merupakan rumah bagi lebih dari 11 juta penjual, di mana hampir 100%nya UMKM lokal.

Selama masa kampanye BBI berlangsung, Tokopedia mencatat adanya kenaikan penjualan di sejumlah kategori produk lokal sebagai berikut.

1. Makanan dan Minuman

Kategori Makanan dan Minuman masih tetap menjadi kategori favorit masyarakat. Hal ini, terlihat dari peningkatan transaksi sebanyak lebih dari 2x lipat selama kampanye berlangsung, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Kami mencatat paket dan parsel makanan, makanan ringan, dan minuman sebagai produk favorit masyarakat di kategori ini selama kampanye hari BBI berjalan,” jelas Ekhel.

Jagapati, toko produk-produk makanan sehat produksi petani dan UMKM lokal, juga turut mencatat kenaikan transaksi hampir 2x lipat selama kampanye berjalan.

Baca Juga: Apa Itu Modal Toko dari Tokopedia, Pinjam Uang Mudah untuk Usaha

2. Ibu dan Bayi

Transaksi pada kategori Ibu dan Bayi juga mengalami peningkatan lebih dari 2x lipat.

Pada kategori ini, makanan dan susu bayi, produk perawatan bayi, serta makanan dan susu ibu hamil menjadi produk paling diincar selama kampanye berjalan.

Apalagi, ada banyak toko atau merchant yang menawarkan produk Ibu dan Bayi yang unik dan menarik.

3. Kesehatan

Produk kesehatan tentu masih menjadi kebutuhan penting masyarakat, terutama selama pandemi.

“Tokopedia mencatat adanya peningkatan hampir 3x lipat, pada kategori kesehatan saat kampanye BBI 2021 berlangsung,” tambah Ekhel.

Pada Kategori Kesehatan, perlengkapan kebersihan, masker dan obat-obatan menjadi 3 produk paling dicari selama kampanye berlangsung.

Baca Juga: Promo Gojek di WIB Tokopedia Spesial Kolaborasi Anak Bangsa, Murah!

4. Fashion

Ekhel menjelaskan, walaupun banyak masyarakat yang masih harus beraktivitas dari rumah, kategori Fashion masih tetap diminati.

Hal ini, terlihat dari transaksi yang melejit hingga lebih dari 6x lipat selama kampanye BBI, jika dibandingkan dengan periode yang sama sebelum kampanye.

Adapun salah satu pegiat usaha lokal yang menjual berbagai produk fashion bermotif etnik Indonesia Dakara Indonesia. Dakara Indonesia ikut mengalami kenaikan transaksi hingga lebih dari 2x lipat, berkat partisipasinya dalam kampanye BBI 2021.

5. Elektronik Lokal

Antusiasme masyarakat akan produk elektronik buatan lokal pun meningkat, berkat kampanye BBI 2021.

“Ada kenaikan hingga lebih dari 6x lipat pada kategori Elektronik Lokal selama kampanye,” kata Ekhel.

Produk elektronik seperti audio, lampu, serta elektronik kantor menjadi 3 produk terpopuler pada kategori ini. (*)

Tag

Editor : Yunus