Selama Ramadan 2021, Tokopedia Jual 100 Ribu Produk Berbeda per Jam

Jumat, 21 Mei 2021 | 14:00
Dok. Tokopedia

Tokopedia ungkap transaksi selama Ramadan 2021

CERDASBELANJA.ID – Platform belanja Tokopedia mengungkapkan, ada lebih dari 100 ribu produk berbeda yang terjual per jam selama bulan Ramadan 2021.

Antusiasme masyarakat memenuhi kebutuhan, berbagi, dan beribadah dari rumah selama Ramadan 2021 juga terlihat dari beberapa temuan menarik Tokopedia.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, berdasarkan data internal Tokopedia diketahui bahwa pengiriman Same-day atau Instant menjadi layanan andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan.

Baca Juga: Promo Cashback Tokopedia, Pesan Tiket Kereta Dapat Cashback Rp75 Ribu

“Jika diakumulasi, pengguna bahkan dapat menghemat waktu pengiriman hingga 24.000 tahun berkat layanan ini,” ujar Ekhel dikutip dalam keterangannya, Kamis (20/5).

Tokopedia juga mencatat, ada beberapa kategori yang paling populer selama Ramadan 2021.

Di antaranya, adalah kategori Perabotan dan Perlengkapan Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, serta Fashion.

“Khusus untuk kategori Fashion Muslim, transaksinya meningkat hampir 4x lipat dibandingkan rata-rata bulanan 2021,” papar Ekhel.

Di sisi lain, apabila dibandingkan dengan bulan sebelum kampanye, maka transaksi Parsel Ramadan melonjak lebih dari 3x lipat selama kampanye.

Tokopedia juga mempermudah masyarakat membeli produk bersertifikat halal melalui ekosistem Tokopedia Salam.

Baca Juga: Menimbang Keuntungan dan Tantangan GoTo, Merger Gojek dan Tokopedia

Salah satu pegiat usaha makanan halal, Rendang Den Lapeh, juga turut mencatat peningkatan transaksi hampir 6x lipat selama Ramadan 2021 jika dibandingkan Ramadan 2020 lalu.

Kemudahan ini, adalah hasil kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah.

Tokopedia juga berkolaborasi dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

Tokopedia juga mencatat jumlah transaksi Zakat, Donasi dan Wakaf yang terkumpul di platform Tokopedia selama momen Ramadan 2021 mencapai Rp13 miliar.

Terakhir, Tokopedia mengungkapkan bahwa pergelaran Tokopedia WIB TV Show Spesial Ramadan Extra yang diselenggarakan pada tanggal 23 April 2021 lalu telah disaksikan oleh setengah dari penonton TV di seluruh Indonesia.

Adapun acara ini, diisi oleh penampilan artis nasional seperti Iwan Fals, NOAH, Afgan, serta artis internasional seperti The Boyz dan brand ambassador Tokopedia, yaitu BTS. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya