Dimulai 5 Mei, Tokopedia Dukung Program Hari Bangga Buatan Indonesia

Kamis, 06 Mei 2021 | 12:00
Dok. Tokopedia

Tokopedia mendukung inisiatif Hari Bangga Buatan Indonesia yang ditetapkan pada 5 Mei 2021 oleh pemerintah.

CERDASBELANJA.ID – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) resmi menetapkan 5 Mei 2021 sebagai Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Untuk kali ini, Hari BBI 2021 mengusung tema bertajuk ‘Semakin Bangga Buatan Indonesia’.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan, pencanangan Hari BBI 2021 ini menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Hari Bangga Buatan Indonesia, Tokopedia Beri Diskon Hingga 90%

Khususnya agar momentum Ramadan dan Idulfitri 2021, dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

“Untuk itu, beberapa kebijakan dan program perlu dilakukan agar konsumsi masyarakat dapat terus meningkat di tengah kebijakan peniadaan mudik,” ujar Lutfi dalam keterangannya, Kamis (6/5).

Sementara itu, Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan, penyelenggaraan Hari BBI secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Idulfitri.

“Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang,” ujarnya.

Penyelenggaraan Hari BBI secara daring ini, diadakan hingga 13 Mei 2021, serta didukung oleh 72 platform e-commerce di Indonesia, salah satunya Tokopedia.

CEO dan Founder Tokopedia William Tanuwijaya mengungkapkan, penetapan Hari BBI sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk mempermudah masyarakat.

Baca Juga: Dorong UMKM Fashion Muslim, Tokopedia Hadirkan Lagi Ramadan in Style

“Terutama dalam menemukan beragam produk UMKM lokal, sekaligus mendorong pemerataan ekonomi secara digital,” papar William.

William mengatakan, gerakan nasional BBI telah membawa dampak positif bagi banyak UMKM lokal di Tokopedia.

Salah satu contohnya, adalah UMKM Stayhoops dari kategori Fashion di Tokopedia. Diketahui, Stayhoops berhasil mencatat kenaikan rata-rata transaksi bulanan menjadi 38x lipat selama Januari 2021, dibandingkan sebelum bergabung dengan BBI pada Juni 2020.

Di dalam rangka Hari BBI, Tokopedia menghadirkan penawaran menarik seperti diskon flash sale hingga 90%, serta diskon GoSend hingga Rp20 ribu untuk pengiriman instant dan same day.

Kita juga bisa menikmati Produk Serba Rp5 ribu, Bebas Ongkir hingga Rp50 ribu, serta cashback hingga Rp600 ribu. Promo Tokopedia ini, bisa ditemukan pada halaman khusus BBI yang menampilkan kurasi produk lokal.

Ada juga rangkaian webinar dan kelas daring bernama Obrolan Seller yang bisa diakses secara gratis, agar para pegiat UMKM lokal bisa mendapatkan pengetahuan.

Baca Juga: Promo Perhiasan di Tokopedia, Belanja Hemat Dapat Cashback Rp500 Ribu

Khususnya terkait peningkatan kualitas produk dan pemasaran, serta dapat berbagi inspirasi atau pengalaman dengan sesama penjual di Tokopedia melalui komunitas penjual ‘Keluarga Tokopedia’.

Tokopedia berharap, hadirnya Hari Bangga Buatan Indonesia ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi UMKM lokal, dalam mengembangkan potensi produk asli Indonesia.

“Sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih bangga dan memakai produk buatan Indonesia demi pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi,” tutup William. (*)

Tag

Editor : Yunus