5 Cara Habiskan Uang THR ala Lazada, Sisihkan 10% dan Manfaatkan Promo

Jumat, 30 April 2021 | 22:00
iStockphoto

Dapat THR jangan sampai salah penggunannya, ini yang harus diperhatikan.

CERDASBELANJA.ID – Pada momen Ramadan dan menjelang Idulfitri 2021 ini, biasanya kita dihadapkan dengan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi.

Mulai dari kebutuhan memasak di rumah, kebutuhan rumah tangga, koleksi busana baru untuk merayakan Lebaran, sampai kebutuhan hadiah untuk sanak saudara.

Biasanya, seluruh kebutuhan ini bisa dipenuhi dengan memanfaatkan uang Tunjangan Hari Raya (THR).

Baca Juga: 3 Cara Pakai Uang THR Bermanfaat, Jangan Langsung Dihabiskan!

Sebenarnya, kita boleh menghabiskan THR, asalkan digunakan dengan mengikuti alokasi anggaran yang sudah direncanakan dengan baik.

Certified Financial Planner Metta Anggriani menyampaikan, ada cara menghabiskan uang THR dan memberikan dampak yang maksimal.

Menurut Metta, bulan Ramadan 2021 sesungguhnya adalah momen untuk kita kembali belajar mengontrol, termasuk bagaimana kita mengontrol pengeluaran.

“Datangnya THR tentunya harus disikapi dengan bijak, agar dana ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal yang benar-benar berarti bagi kita,” ujar Metta dikutip dalam keterangannya, Kamis (29/4).

Berikut ini adalah beberapa cara menghabiskan uang THR yang bisa dilakukan agar lebih efektif.

1. Dahulukan Membayar Kewajiban yang Harus Dilunasi

Cara menghabiskan uang THR yang pertama, adalah dahulukan untuk membayar kewajiban yang harus dilunasi.

Baca Juga: Baru Punya Anak? Begini Cara Pintar Atur Uang agar Tidak Boros

Sebagai dana yang bersifat pemasukan tambahan, sebaiknya THR dialokasikan untuk membayar kewajiban yang dapat sedikit meringankan beban finansial kita.

Misalnya seperti membayar utang, cicilan, ataupun membayar THR karyawan sesuai dengan perhitungannya.

Pastikan kita memprioritaskan berbagai pengeluaran ini, sebelum menghabiskan uang THR untuk keperluan lainnya.

2. Beribadah dengan Berzakat, Bersedekah, dan Berinfak

Cara menghabiskan uang THR yang kedua, adalah beramal dengan membayar zakat, memberi sedekah, serta memberikan infak.

Tentunya momen bulan Ramadan 2021, menjadi momen panting bagi kita agar bisa beramal dan berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Pastikan kita sudah mengalokasikan untuk melakukan kewajiban membayar zakat bulan Ramadan.

Baca Juga: Jawab Kebutuhan Lebaran, Tokopedia WIB Hadirkan Progam Parsel Ramadan

Kemudian, sisihkan juga dana THR sekitar 10% untuk memperbanyak amalan infak dan sedekah.

Zakat dapat dibayarkan dengan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan dari rumah tanpa harus repot mencari badan terpercaya untuk menyalurkan zakat. Salah satunya melakukan pembayaran zakat di Lazada Amanah dalam aplikasi Lazada.

Bekerja sama dengan Badan Zakat Nasional, Lazada memberikan kemudahan bagi penggunanya yang ingin berzakat dengan berbagai pilihan nominal zakat yang tersedia.

3. Membuat Perencanaan Belanja Ramadan dan Lebaran

Cara menghabiskan uang THR yang ketiga, adalah membuat perencanaan belanja Ramadan dan Lebaran. Sebelum mulai berbelanja, pastikan kita sudah membuat daftar belanja kebutuhan yang diperlukan.

Dengan demikian, kita dapat melihat mana barang yang benar-benar diperlukan, mana yang belum menjadi prioritas. Pertimbangkan juga barang yang dibeli bisa dapat terus digunakan setelah bulan Ramadan dan Idulfitri agar lebih bermanfaat.

Usahakan rencana belanja disesuaikan dengan promo belanja online untuk memaksimalkan penggunaan dana. Selain itu, usahakan untuk berbelanja melalui satu platform untuk dapat memantau semua transaksi yang sudah dilakukan agar tidak kalap.

Baca Juga: Cara Pinjam Uang Tanpa Bunga, Bisa Pakai Pegadaian Gadai Prima

4. Merencanakan Berbagi Parsel untuk Keluarga

Cara menghabiskan uang THR yang keempat, adalah merencanakan berbagi parsel untuk keluarga. Meski pada Ramadan dan Idulfitri tahun ini kita masih dipisahkan oleh jarak dengan keluarga, manfaatkan momen ini untuk saling berkirim hadiah dan parsel.

Pilih isian parsel yang disesuaikan dengan penerima, agar berbagi parsel Ramadan dapat semakin berarti.

Jangan lupa menggunakan fitur-fitur bebas ongkir agar bisa lebih banyak mengirimkan hantaran untuk keluarga dan kerabat.

5. Menabung dan Berinvestasi

Cara menghabiskan uang THR yang kelima, adalah menabung dan berinvestasi. Setelah menunaikan ibadah, membayarkan kewajiban, serta berbelanja, maka ini saatnya untuk menghabiskan THR untuk ditabung.

Situasi pandemi ini tentunya mengajarkan kita untuk dapat lebih bijaksana dalam menabung dan menyisihkan dana darurat untuk berbagai keperluan tidak terduga.

Untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran dengan baik, kita harus mempersiapkan anggaran belanja terlebih dahulu dan mengalokasikan dana kita setelahnya.

Baca Juga: Cara Sukses Jadi Ibu Rumah Tangga yang Punya Bisnis, Ini Kuncinya!

Usahakan untuk memusatkan belanja di satu tempat agar lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran keuangan kita.

“Jangan lupa juga untuk memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan, supaya kita bisa lebih hemat,” tutur Metta.

Untuk mendukung kegiatan berbelanja berbagai kebutuhan di bulan Ramadan ini, Lazada berbagi THR hingga Rp200 ribu di THR Sale.

THR Sale ini berlangsung dari tanggal 26 April hingga 2 Mei 2021. Kita juga bisa memanfaatkan cashback setiap hari dan promo gratis ongkir, agar belanja semakin hemat dan sisa THR bisa dihabiskan untuk ditabung dan berinvestasi. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya