5 Cara Dekorasi Rumah Jelang Lebaran ala Dekoruma, Dijamin Rapi!

Minggu, 02 Mei 2021 | 14:00
Dok. Tokopedia

Pembicara diskusi virtual Tokopedia

CERDASBELANJA.ID – Salah satu kegiatan yang umum dilakukan menjelang Lebaran, adalah mendekorasi rumah agar semakin rapi.

Kebiasaan dekorasi rumah ini, memang umum dilakukan agar bisa memberikan nuansa baru. Namun semenjak pandemi hadir, kegiatan ini juga sering dilakukan untuk memastikan rumah selalu bersih dan sehat.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, selama periode Kuartal I-2021, Tokopedia mencatat adanya peningkatan transaksi pada kategori Home & Living.

Baca Juga: Rekomendasi Perlengkapan Rumah dari ACE Untuk Hari Raya, Diskon 50%

“Ada peningkatan transaksi sebesar lebih dari 2x lipat pada kategori Home & Living di Tokopedia selama Q1-2021 jika dibandingkan dengan Q4-2020,” ungkap Ekhel dalam agenda diskusi virtual, Senin (26/4).

Ada beberapa produk yang mencatatkan peningkatan transaksi pada periode tersebut. Misalnya seperti kursi dan meja kerja dan diffuser ruangan.

Untuk mempercantik tampilan rumah, Tokopedia bersama Dekoruma membagikan inspirasi dan cara dekorasi rumah untuk menyambut silaturahmi virtual. Berikut adalah cara dekorasi rumah jelang Lebaran yang lebih aman dan menyenangkan ala Dekoruma.

1. Decluttering atau Bersihkan Rumah Secara Berkala

Cara dekorasi rumah jelang Lebaran yang pertama, adalah melakukan decluttering.

Decluttering adalah kegiatan menyingkirkan barang-barang yang tidak dibutuhkan, serta hanya menyimpan barang-barang yang memang dibutuhkan saja.

Interior Communication Manager Dekoruma Kania Bunga Wraspati menjelaskan, untuk membuat rumah terlihat lebih rapi, sebaiknya singkirkan atau rapikan barang yang sudah tidak dipakai.

Baca Juga: Wah, Baim Wong Kaget Dapat Hadiah 1 Truk Pocari Sweat, dari Siapa?

“Mulailah decluttering dari kamar tidur, lemari pakaian dan selanjutnya ke area kamar mandi, dapur dan ruang tamu,” ujar Kania.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengelompokkan barang-barang berdasarkan kategori, dengan menggunakan kotak penyimpanan.

Kita juga bisa menggunakan label nama dan ditempel pada kotak, agar barang lebih mudah dicari.

2. Tentukan Spot Favorit

Cara dekorasi rumah jelang Lebaran yang kedua, adalah menentukan spot favorit untuk silaturahmi virtual.

Pilih ruangan yang luas dan nyaman dengan pencahayaan yang cukup, untuk menjadi titik kumpul anggota keluarga saat melakukan silaturahmi virtual.

Kita cukup memanfaatkan pencahayaan alami, agar visual rumah bisa terlihat lebih lega.

Baca Juga: Ussy Sulistiawaty Tenteng Tas Mahal, Dikira Paperbag Oleh Netizen

3. Re-layout Tata Letak Furnitur

Cara dekorasi rumah jelang Lebaran yang ketiga, adalah menata ulang furnitur di rumah. Menata ulang letak perabotan bisa memberikan suasana baru di rumah.

Kania mencontohkan, kita bisa menerapkan penggunaan furnitur multifungsi agar pemanfaatan ruang lebih maksimal.

Penataan ulang furnitur ini, bisa memberikan dampak yang besar dan memberikan suasana baru. Kita juga bisa menambahkan pernak-pernik seperti bunga kering atau lukisan, agar visualisasi semakin baik.

4. Ganti Suasana Warna Rumah

Cara dekorasi rumah jelang Lebaran yang keempat, adalah mengganti suasana warna rumah. Mengganti warna cat dinding rumah juga bisa memberikan kesan lebih segar.

Motif sederhana pada dinding. juga bisa membuat ruangan terasa lebih playful. Pilihlah analogous color, atau warna-warna yang berdekatan dalam lingkaran warna.

“Kombinasi ini akan memberikan warna yang harmonis sehingga nyaman di mata,” saran Kania.

Baca Juga: The Body Shop Tawarkan Bingkisan Ramah Lingkungan Mulai Rp69 Ribu

5. Tambahkan Dekorasi Menarik

Cara dekorasi rumah jelang Lebaran yang kelima, adalah menambah dekorasi menarik. Kita bisa menambah hiasan dinding, atau ornamen bergaya tematik seperti Ramadan.

Hiasan ini, dapat menjadi solusi untuk menambah kesan meriah pada momen silaturahmi virtual di rumah selama bulan suci.

“Selain bermanfaat untuk menyegarkan dan memperindah suasana, mendekorasi rumah juga bisa memberikan kenyamanan bahkan meningkatkan fokus,” kata Kania.

Kita bisa mendapatkan berbagai produk dekorasi rumah lewat Dekoruma Official Store. Selain itu, kita juga dapat menikmati beragam penawaran menarik termasuk diskon hingga 75% yang berlaku sampai 5 Mei 2021.

Selain menyediakan berbagai pilihan produk kebutuhan rumah tangga, Tokopedia juga telah menghadirkan Proteksi Furnitur.

Baca Juga: Jawab Kebutuhan Lebaran, Tokopedia WIB Hadirkan Progam Parsel Ramadan

Dengan demikian, kita bisa mendapatkan perlindungan lebih pada furnitur baru yang dibeli melalui Tokopedia dengan premi yang sangat terjangkau, mulai dari sekitar Rp2.000.

Berlaku selama 24 bulan sejak pembelian, Proteksi Furnitur ini dapat melindungi furnitur dari kerusakan bahkan kehilangan. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya