3 Tren Bisnis UMKM Saat Ramadan 2021 dari Gojek, Bisa Jadi Acuan Usaha

Kamis, 22 April 2021 | 21:00
DOK. Instagram @gojekindonesia

Tren Bisnis UMKM Saat Ramadan 2021 dari Gojek, Bisa Jadi Acuan Usaha

CERDASBELANJA.ID – Gojek mendukung pertumbuhan UMKM agar bisa memaksimalkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pelanggan melalui platform digital.

Salah satu inisiatif yang dihadirkan Gojek untuk mendukung UMKM, adalah Akademi Mitra Usaha (KAMUS).

Selain itu, Gojek juga membagikan tren bisnis menarik selama Ramadan 2021 bagi para UMKM.

Baca Juga: Dikabarkan Merger, Ini Calon CEO Entitas Gabungan Gojek dan Tokopedia

Tren bisnis UMKM saat Ramadan 2021 ini, didasarkan pada temuan menarik yang didasarkan pada data Gojek di Ramadan tahun lalu.

Beberapa temuan tren bisnis UMKM saat Ramadan ini, dapat menjadi acuan bagi pelaku UMKM untuk mendorong usahanya pada Ramadan 2021.

Sejumlah tren bisnis UMKM saat Ramadan yang bisa ditiru, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Jual Makanan Online

Tren bisnis UMKM saat Ramadan 2021 yang pertama, adalah menjual makanan secara online. Gojek mencatat, jumlah pemesanan makanan via layanan GoFood mengalami tren pertumbuhan positif selama Ramadan tahun lalu. Terutama sejak minggu kedua hingga akhir bulan.

Hal ini, menunjukkan bahwa masyarakat sangat mengandalkan layanan pesan antar online demi memenuhi kebutuhan mereka selama Ramadan.

Untuk mengoptimalkan kesempatan selama bulan Ramadan 2021, pelaku usaha juga dapat menggunakan strategi promosi yang efektif menarik pelanggan. Termasuk menyediakan opsi menu Traktir Driver, yang memberi kesempatan pelanggan untuk berbagi kasih dan efektif meningkatkan nilai transaksi.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini yang Terjadi Jika Tidak Membayar PayLater Gojek

2. Jual Produk Hijab

Tren bisnis UMKM saat Ramadan 2021 yang kedua, adalah menjual produk hijab. Data Gojek menunjukkan, adanya peningkatan transaksi hijab di bulan Ramadan tahun lalu.

Jika dibandingkan dengan sebelum Ramadan, peningkatan penjualan hijab mengalami peningkatan hingga lebih dari 125%.

Sejalan dengan tren ini, konsumen turut mengeluarkan dana lebih untuk belanja pada kategori pakaian dan aksesori, serta barang penunjang aktivitas di rumah. Misalnya seperti alat kesenian melukis, buku, serta alat olahraga.

3. Jual Produk Hampers Ramadan

Tren bisnis UMKM saat Ramadan 2021 yang ketiga, adalah menjual produk dalam bentuk hampers Ramadan. Gojek melihat, selama pandemi pemilik usaha jasa turut menjual produk-produk yang mereka gunakan langsung ke pelanggan.

Hal ini terlihat pada peningkatan tren pembelian produk kecantikan dari salon, serta obat dan multivitamin penunjang kesehatan.

Di momen Ramadan 2021 ini, pelaku usaha dapat menggabungkan produk jasanya dalam bentuk hampers dengan harga sesuai target pasar.

Baca Juga: Cara Hindari Penipuan Mengaku Gojek, Kenali Dulu Ciri-Cirinya

Berbagai tren bisnis UMKM dari Gojek tersebut, bisa dijadikan acuan untuk memulai bisnis kita di bulan Ramadan 2021 ini.

Melalui rangkaian pelatihan komunitas Akademi Mitra Usaha, Gojek menargetkan untuk bisa mengedukasi lebih dari 35.000 UMKM sepanjang tahun 2021.

Selain itu, para pelaku usaha bisa mendapatkan informasi detail mengenai jadwal pelatihan virtual, pengisi acara, dan materi lengkap tren usaha Ramadan 2021 dengan mengakses situs melajubersamagojek.com/sedekahramadan. (*)

Tag

Editor : Yunus