Pakai Darah Manusia, Nike Gugat Produk ‘Satan Shoes’ Lil Nas X

Sabtu, 03 April 2021 | 13:00
instagram.com/mschf

Pakai Darah Manusia, Nike Gugat Produk ‘Satan Shoes’ Lil Nas X

CERDASBELANJA.ID – Merek sepatu Nike menggugat MSCHF Product Studio, Inc (perusahaan seni) selaku produsen “Satan Shoes”.

Satan Shoes ini merupakan hasil kolaborasi MSCHF dengan penyanyi Lil Nas X.

Dikutip dari CNN, di dalam gugatan yang diajukan pada Senin lalu, Nike menuduh MSCHF Product Studio melakukan pelanggaran merek dagang atas 666 pasang sepatu kets Nike yang dimodifikasi oleh desainer tersebut.

Baca Juga: Main Film The Box, Sepatu Vans Milik Chanyeol Curi Perhatian

Meski demikian, Satan Shoes tersebut berhasil terjual habis pada Senin lalu. Sampai saat ini, MSCHF belum memberikan tanggapan atas gugatan tersebut.

Di dalam gugatannya, Nike meminta pengadilan memberi perintah kepada MSCHF untuk menghentikan penerimaan pesanan Satan Shoes, secara permanen.

Terlebih Nike menegaskan Satan Shoes ini dibuat tanpa memiliki izin.

instagram.com/mschf
instagram.com/mschf

Pakai Darah Manusia, Nike Gugat Produk ‘Satan Shoes’ Lil Nas X

Gugatan tersebut, juga mencantumkan bahwa pengguna media sosial telah mengancam akan memboikot Nike terkait sepatu kontroversial ini.

Namun, penyanyi Lil Nas X tidak disebutkan di dalam gugatan tersebut. Perwakilan dari musisi ini juga tidak memberikan tanggapan dan menanggapi panggilan, terkait gugatan ini.

Nike menjelaskan di dalam gugatannya, MSCHF dan Satan Shoes yang tidak resmi ini kemungkinan besar akan menyebabkan kebingungan, serta menciptakan hubungan yang keliru antara produk MSCHF dan Nike.

Baca Juga: Waspada Risiko Salah Ukuran, Ini Tips Beli Sepatu Secara Online

“Di dalam waktu singkat sejak pengumuman Satan Shoes, Nike telah mengalami kerugian yang signifikan terhadap niat baiknya. Termasuk kerugian terkait konsumen yang percaya bahwa Nike mendukung satanisme,” papar Nike.

Nike sendiri, telah mengeluarkan pernyataan resmi ke beberapa media yang mengklarifikasi bahwa pihaknya tidak memiliki hubungan dengan Lil Nas X atau MSCHF.

Selain itu, Nike juga menyatakan bahwa pihaknya tidak merancang atau merilis sepatu ini, bahkan Nike sendiri tidak mendukung produk tersebut.

instagram.com/mschf
instagram.com/mschf

Pakai Darah Manusia, Nike Gugat Produk ‘Satan Shoes’ Lil Nas X

Sepatu kets Nike Air Max 97 berwarna hitam dan merah yang dimodifikasi ini, dihiasi dengan aksen pentagram perunggu, ayat Alkitab, serta setetes darah manusia pada bagian tengah solnya.

Sepatu ini, merupakan produk alas kaki Nike yang dikustom oleh MSCHF. Sebelumnya, perusahaan ini juga pernah merilis sepasang “Jesus Shoes” yang dibuat khusus pada 2019 silam.

Kontroversi ini, dimulai pada minggu lalu bertepatan dengan perilisan video musik untuk single terbaru Lil Nas X “Montero (Call Me By Your Name).”

Baca Juga: Klasik dan Menawan, Inilah Daftar 5 Sepatu Termahal di Dunia

Sepatu ini, diluncurkan dan hanya diproduksi sebanyak 666 pasang dengan harga USD1.018 atau sekitar Rp14,7 juta.

Banyak orang yang mendukung gugatan Nike terkait Satan Shoes ini. Pasalnya, sepatu tersebut melanggar merek dagang dan bisa merusak reputasi Nike, khususnya terkait dengan simbol setan yang digunakan. (*)

Editor : Yunus

Sumber : CNN

Baca Lainnya