Viral Video Menampilkan Ada Gunung Emas di Kongo, Ini Penjelasannya

Sabtu, 13 Maret 2021 | 13:00
Twitter.com/AhmadAlgohbary

Viral Video Menampilkan Ada Gunung Emas di Kongo, Ini Penjelasannya

CERDASBELANJA.ID – Cerita gunung emas sering kali muncul di dalam cerita rakyat, atau film anak-anak.

Gunung emas biasanya digambarkan sama seperti gunung biasanya, tetapi strukturnya dilapisi dengan emas berkilau.

Namun, bagaimana jika gunung emas benar-benar ada di dunia nyata?

Belakangan ini, sebuah video yang menampilkan sekumpulan orang menggali dan menampung tanah di dekat lubang galian, berhasil viral di beberapa media sosial.

Baca Juga: Viral! Netizen Tanggapi Dialog Iklan Kopiko di Drakor Vizenco

Mengutip dari Kompas.com, di dalam video ini disertakan narasi bahwa orang-orang tersebut sedang menggali tanah yang memiliki kandungan emas.

Selain itu, ada pula video yang memperlihatkan orang-orang yang sedang mencuci bongkahan emas yang didapatkan.

Video gunung emas tersebut viral setelah diunggah oleh seorang jurnalis lepas bernama Ahmad Algohbary di akun Twitter miliknya.

“Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah di dalam endapan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran & mengekstraksi emas,” tulis Ahmad Algohbary.

Twitter.com/AhmadAlgohbary
Twitter.com/AhmadAlgohbary

Viral Video Menampilkan Ada Gunung Emas di Kongo, Ini Penjelasannya

Meski demikian, saat ditanya seorang jurnalis BBC London, Ahmad mengatakan dalam postingan Twitter-nya bahwa video tersebut bukan diambil oleh dirinya.

Namun, video tersebut menurutnya telah menyebar di media sosial sebelumnya dan di antaranya diunggah oleh sebuah kanal Youtube 2nacheki.

Pemberitaan BBC menyebutkan, meskipun video itu viral sejak Selasa (2/3/2021), tetapi kontributor BBC di Kongo, Byode Malenga mengatakan kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (27/2/2021).

Wilayah pertambangan Malenga mengatakan, kejadian tersebut terjadi di gunung di sebuah desa yang berada di 35 km dari utara Bukavu, Ibu Kota Kivu, Kongo.

Baca Juga: Usaha Kuliner Bakso Tumis Terjual 200 Porsi per Hari, Ini Rahasianya

Pemerintah telah mengirim polisi ke daerah tersebut untuk mengembalikan ketertiban dan untuk mengumpulkan kembali emas yang dibawa warga desa.

Kongo sendiri memang terkenal dengan mineral dan logam mulia seperti emas. Adapun gunung lokasi penjarahan tersebut terjadi di wilayah pertambangan yang terdaftar dengan pekerja resmi.

Sementara itu, melansir dari Reuters, Menteri Pertambangan Negara bagian Kivu Selatan, Vernant Burume Muhigirwa mengonfirmasi penemuan bijih emas telah menyebabkan demam emas.

Akibat dari adanya demam emas tersebut pada Senin (1/3/2021) telah dikeluarkan larangan untuk menghentikan seluruh aksi penambangan di desa Kivu Selatan.

Kelompok Penambang, Pedagang, dan Anggota Angkatan Bersenjata (FARDC) juga telah diminta meninggalkan lokasi tambang sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Muhigirwa mengatakan, penghentian sementara kegiatan penambangan itu akan digunakan pihak berwenang untuk memastikan para penambang artisanal (penambangan tradisional) terdaftar di regulator pertambangan.

Kehadiran FARDC di lokasi tambang dilarang di bawah kode penambangan Kongo dan dianggap berkontribusi pada kekacauan.

Baca Juga: Viral, Video Dinda Safay Mengaku Dilecehkan Barista Kopi Kenangan

Aktivitas penambangan artisanal adalah hal yang biasa di Kongo. Adapun penambangan emas artisanal tersebut tersebar luas di bagian timur dan timur laut Kongo.

“Ketertiban harus ditegakkan kembali dalam kegiatan pertambangan di Luhihi, tidak hanya untuk melindungi kehidupan tetapi juga untuk memastikan pencarian emasi yang diproduksi sesuai dengan hukum Kongo,” ujar keputusan yang dikeluarkan Menteri Pertambangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Adanya Gunung Emas di Kongo, Bagaimana Ceritanya?" (*)

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya