Ini 5 Destinasi Wisata Paling Diminati Turis Awal 2021 Versi Traveloka

Rabu, 10 Maret 2021 | 21:30
Instagram pahawang_island_lampung's @pahawang_island_lampun

Terpopuler, Traveloka Rilis Destinasi Wisata Paling Diminati Awal 2021

CERDASBELANJA.ID – Memasuki tahun 2021, minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata terhitung cukup tinggi.

Berdasarkan survei internal Traveloka terhadap pengguna, sebanyak 35% responden menyatakan tertarik untuk berlibur di awal tahun 2021.

Tentunya hal ini didukung dengan adanya perubahan minat dan perilaku masyarakat. Khususnya dalam berwisata yang terhalang sejak pandemi Covid-19 melanda.

Baca Juga: Promo Pay Day Traveloka, Pesan Hotel Dapat Diskon Hingga Rp500 Ribu

Tidak hanya menerapkan protokol kesehatan berstandar tinggi, masyarakat kini juga lebih memiliki minat yang tinggi untuk melakukan wisata alam.

Masyarakat juga cenderung menginginkan fleksibilitas pemesanan dalam perencanaan perjalanannya.

Secara keseluruhan, berikut adalah destinasi wisata paling diminati di awal tahun 2021 berdasarkan data Traveloka.

1. Bali

Destinasi wisata paling diminati pertama adalah Bali. Sudah bukan rahasia jika Bali terkenal sebagai destinasi travel paling populer di Indonesia. Tidak hanya bagi wisatawan domestik, keindahan pariwisata Bali sendiri telah tersohor sampai wisatawan mancanegara.

Hal ini, bisa dilihat dengan persentase rata-rata pencarian topik seputar travel mengenai Bali yang mencapai 83% di bulan November dan Desember lalu. Sebagai destinasi wisata terpopuler di Indonesia, Bali kembali mendominasi rata-rata pencarian sebesar 52% mengungguli berbagai destinasi wisata lainnya.

Pencarian paling populer di aplikasi Traveloka sangat beragam, mulai dari pilihan akomodasi seperti hotel, vila, resort, hingga homestay di area Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Canggu, Ungasan dan Ubud.

Kemudian, dominasi pencarian di Traveloka diikuti dengan pilihan penerbangan, aktivitas rekreasi dan kuliner. Bali juga dipilih sebagai destinasi workation dengan banyaknya pilihan bekerja dari hotel dan vila, juga beberapa co-working space di area Canggu.

Baca Juga: Promo Terbang Bersama Garuda Indonesia Ada Diskon Hingga Rp500 Ribu

2. DIY

Destinasi wisata paling diminati kedua adalah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pada awal tahun 2021, destinasi liburan paling dicari di Indonesia ini menduduki peringkat ke-2 dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 37%.

Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga merupakan kota wisata populer yang ada di Indonesia.

Seperti kata penyanyi “Ku percaya selalu ada sesuatu di Jogja”, daya tarik wisata di Yogyakarta sangat beraneka ragam mulai dari wisata kuliner, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata alam yang menawarkan pemandangan eksotis.

Kota ini juga merupakan “rumah” para seniman tanah air. Mengunjungi berbagai galeri seni di Jogja, bisa jadi salah satu inspirasi untuk tujuan wisata berikutnya. Adapun destinasi wisata dan rekreasi paling dicari pengguna Traveloka Xperience, adalah kidzooona Hartono Mall Yogyakarta, Candi Borobudur, dan Jogja Bay Waterpark

3. DKI Jakarta

Destinasi wisata paling diminati ketiga adalah DKI Jakarta. Berada di peringkat ketiga dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 30%, Jakarta menjadi salah satu destinasi paling dicari di Indonesia di awal tahun ini.

Tidak hanya untuk staycation dan berwisata, Jakarta juga ramai dikunjungi wisatawan bisnis dari dalam maupun luar negeri. Jika berkunjung ke Jakarta, kita bisa menikmati sensasi cita rasa internasional di restoran berkelas hingga jajanan lezat dan hemat.

Adapun destinasi wisata dan rekreasi paling dicari pengguna Traveloka Xperience, adalah Ancol, Faunaland, Jakarta Aquarium & Safari, Dunia Fantasi, dan J-Sky Ferris Wheel.

Baca Juga: Lion Air dan Batik Air Perluas Layanan Rapid Test Antigen Gratis

4. Lampung

Destinasi wisata paling diminati keempat adalah Lampung. Lampung berhasil mengungguli Jawa Barat dengan rata-rata persentase pencarian mencapai 6%.

Provinsi yang berada di ujung selatan Pulau Sumatera ini terkenal dengan pantainya yang tidak hanya indah, tetapi juga menjadi buruan para pencinta olahraga surfing. Perjalanan darat dari Pulau Jawa menghadirkan pesona alam memukau yang juga menjadi daya tarik tersendiri.

Adapun destinasi wisata dan rekreasi paling dicari pengguna Traveloka Xperience, adalah Taman Nasional Way Kambas, Pulau Pahawang, Danau Ranau, Pantai Pasir Putih, Pantai Batu Lapis, Air Terjun Curug Tujuh, Pantai Teluk Kiluan, dan Pantai Tanjung Setia.

5. Jawa Barat

Destinasi wisata paling diminati kelima adalah Jawa Barat. Mulai dari Bandung, Lembang, Sukabumi, hingga Puncak, Bogor menjadi kota/kabupaten di Jawa Barat yang kerap jadi weekend getaway favorit masyarakat di Jakarta dan sekitarnya.

Apapun gaya travelling kita, mulai dari berburu kuliner-kuliner lezat, staycation santai, bertualang di alam, sampai berburu foto-foto Instagram-able di destinasi wisata kekinian semuanya bisa ditemukan di Jawa Barat.

Adapun destinasi wisata dan rekreasi paling dicari pengguna Traveloka Xperience, adalah Kawah Putih Ciwidey, Taman Safari Indonesia, Museum Zoologi Bogor, Kebun Raya Bogor, Farmhouse Lembang, Green Canyon Pangandaran, Stone Garden Padalarang, Kampung Naga Tasikmalaya. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya