Lazada Ungkap 4 Rahasia Agar Produk Dibeli Pelanggan di E-Commerce

Jumat, 05 Maret 2021 | 19:00
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Cara agar produk dibeli pelanggan.

CERDASBELANJA.ID – Jualan online di marketplace atau e-commerce memang banyak saingannya.

Untuk itu, dibutuhkan cara agar produk dibeli pelanggan di e-commerce.

Seperti dilansir dari Kompas.com, salah satu alasan para seller berjualan di e-commerce adalah agar produk yang dijualnya laris dibeli pelanggan.

Baca Juga: Promo Belanja Online Lazada Women’s Festival, Diskon Hingga 80%

Hanya saja tak banyak seller yang tahu cara agar bisa memiliki pelanggan yang ramai sehingga membeli produk lebih dari sekali.

SVP traffic Operation Sellers Engagement Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro, membeberkan tips agar produk yang dijual laris dibeli pelanggan.

"Yang paling penting itu adalah isi konten atau halaman penjualanan kita di e-commerce itu,”kata Haikal, Jumat (5/3).

Haikal mengibaratkan halaman penjualan kita di e-commerce itu SPG-nya (Sales Promotion Girl.) kita.

“Makanya usahakan membuat konten di halaman penjualan kita benar-benar bagus dan sekali lirik, pelanggan suka," tambah Haikal.

Menurut Haikal, dalam mengelola konten ada 4 hal yang perlu diperhatikan yaitu foto produk, judul produk, kategori produk yang tepat, dan detail produk.

Baca Juga: Promo Tokopedia Parents Online Fair, Dapatkan Ekstra Hematnya!

1. Foto Produk

Bikin foto produk tidak membutuhkan biaya yang mahal, kok.

Hanya bermodal kain putih sebagai background dan smartphone yang tidak terlalu mahal pun bisa membuat foto produk yang bagus dan menarik.

Dia mengatakan, banyak seller membuat foto produk asal jadi, sehingga para pelanggan tidak ada yang tertarik untuk membeli.

2. Judul Produk

Dalam membuat judul produk, dibutuhkan judul yang komplet dan tentunya menarik.

3. Kategori yang Tepat

Jangan lupa untuk memasukkan produk ke kategori yang tepat.

Baca Juga: Cara Mulai Bisnis Online dengan Modal Minim, Ala Owner Stiletto

Dia menjelaskan, biasanya di paltform e-commerce para seller diminta memilih kategori apa yang sesuai dengan produk yang dijual.

Oleh sebab itu, jangan sampai produk yang harusnya ada di kategori makanan justru dimasukkan ke kategori pakaian.

"Empek-empek kan makanan, masukan ke kategori makanan. Kalau dimasukan ke kategori pakaian enggak akan keluar produk Anda," kata dia.

4. Detail Produk

Dalam deskripsi produk, seller harus menulis deskripsinya secara detail.

Bila seller menjual seprai atau bed cover, maka pada bagian deskripsi perlu ditulis bahan seprai, warna, atau bila perlu cara mengunci seprai tersebut.

"Jadi ini semua enggak ada cost-nya, enggak ada harganya. Intinya kalau mau jualan online laku memang butuh effort jangan cuma tinggal posting sudah, tinggal tunggu pembeli, enggak akan ada itu," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 4 Tips Laris Jualan Online di Platform E-commerce.(*)

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya