CERDASBELANJA.ID – Tokopedia mencatat, terdapat peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan sampai hampir 2x lipat menjelang akhir 2020 lalu.
Di sisi lain, transaksi pada kategori Health & Personal Care juga mengalami peningkatan sampai hampir 3x lipat.
AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories Tokopedia Jessica Stephanie Jap mengungkapkan, ada beberapa produk yang paling laris dibeli oleh pengguna.
Baca Juga: Promo Bayar Pakai Aplikasi DANA, Dapat Bonus Voucher Rp50 Ribu
Di antaranya adalah pembersih wajah (cleanser), paket perawatan wajah, serum, masker wajah, serta krim wajah.
“Jadi kami melihat memang animo masyarakat untuk produk beauty dan personal care sudah mulai naik, peningkatan animo di awal tahun ini juga cukup bagus,” ujar Stephanie dalam konferensi pers virtual, Senin (1/3).
Melihat antusiasme masyarakat terhadap produk kecantikan yang mulai meningkat, Tokopedia kemudian menghadirkan kampanye Beauty Dealight.
Kampanye Beauty Dealight ini, mengusung penjualan produk kecantikan dari merek lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan merek impor.
Selain itu, kampanye ini memang dirancang untuk tujuan membantu mendorong dan memberikan informasi kepada masyarakat, terkait produk beauty di Tokopedia.
Stephanie menjelaskan, kampanye Beauty Dealight awalnya dimulai pada tahun 2018. Saat pertama kali diluncurkan, kampanye ini mengusung penawaran secara offline dan online.
Baca Juga: Tokopedia Catat Transaksi Produk Fashion Muslim Meningkat 2x Lipat
Namun memasuki masa pandemi, akhirnya kampanye ini hanya dilakukan seluruhnya melalui online.
Saat ini, ada banyak pemilik produk atau beauty influencer yang berpartisipasi dalam kampanye Beauty Dealight.
“Jadi ini benar-benar panggung yang bagus bagi teman-teman pemilik produk, untuk menampilkan produknya. Di saat yang sama masyarakat juga bisa mengakses banyak produk beauty dengan mudah,” papar Stephanie.
Beberapa pegiat usaha kecantikan lokal yang berpartisipasi dalam kampanye Beauty Dealight ini adalah Gentle Hour dan Maska Indonesia.
Gentle Hour merupakan bisnis produk pembersih wajah lokal yang dibangun oleh Jeldine Madjukie, Joyce Arta, dan Revata Pingkan pada Agustus 2020.
Sementara itu, Maska Indonesia yang didirikan Radiya Banyu dan Almas Hudiya pada 2019 ini, menawarkan sederet pilihan produk skin care berbahan alami.
Baca Juga: Terdampak Pandemi, Transaksi DANA Tumbuh 100% Sepanjang 2020
Stephanie berharap, kampanye Beauty Dealight ini bisa menjadi ajang yang bagus, baik untuk konsumen maupun produsen dalam memberikan produk terbaik mereka.
Kampanya Beauty Dealight di Tokopedia ini akan berlangsung sampai 5 Maret 2021 mendatang.
Di dalam kampanye ini, terdapat berbagai keuntungan yang bisa dinikmati pelanggan.
Mulai dari flash sale 3x sehari, clearance flash sale, cashback sampai 90%, give away produk kecantikan dari merek lokal yang berkualitas, gratis ongkos kirim, serta exclusive launch dari beragam produk. (*)