CERDASBELANJA.ID – Belanja online dengan sistem cash on delivery (COD) memang menyenangkan buat sebagian orang, untuk tindak menghindari penipuan.
Namun siapa sangka, kasus belanja COD juga bisa berujung kisruh.
Seperti kejadian yang viral belakangan ini, ketika penerima COD marahi kurir yang mengantar barang pesanannya.
Baca Juga: Sepatu Bertanda Tangan Michael Jordan Laku Hingga Rp13 Miliar
Seperti dilansir dari Kompas.com, penerima paket COD marah pada kurir karena paketnya yang datang dianggap tak sesuai.
Kejadian yang viral di media sosial itu terjadi beberapa waktu lalu di Desa Ampelu Tuo, Kabupaten Batanghari, Jambi.
Pria yang marah-marah tersebut bernama Amzi. Kompas.com menghubungi Amzi via telepon pada Sabtu (13/2/2021).
Amzi mengatakan, tidak mungkin dia marah-marah tanpa sebab. Katanya, dia sempat bertanya bila pesanannya salah, bagaimana cara mengembalikannya?
“Sebelum yang direkam itu, ada harusnya dijelaskan. Saya tanya baik-baik bagaimana caranya mau dikembalikan. Dia langsung nyolot tidak bisa, tidak bisa katanya,” kata Amzi saat dikonfirmasi via telepon, Sabtu (13/1).
Amzi bercerita, awalnya dirinya mendapatkan iklan dari Facebook lalu terhubung ke sebuah marketplace.
Baca Juga: Viral, Mata Uang Tanpa Batas Dogecoin Jadi Lelucon Hingga Tembus 100 T
Lantas dia membeli sepatu itu.
Dia tidak tahu bagaimana aturan COD yang ada di marketplace itu. Karena itu, dia bertanya ke kurir.
“Biasanya, kurir ada yang bilang kita foto lalu kita retur. Ini tiba-tiba dia ngotot, langsung bilang tidak bisa dan harus dibayar karena sudah peraturan,” kata dia.
Amzi mengatakan, kalau memang Noppal, kurir yang mengantar pesanan saat itu, tidak mendapat fee atau semacamnya, dirinya bisa memberi ganti rugi.
Tapi, karena barang yang diterimanya tidak sesuai, maka dia tidak mau menerima barang dan tidak mendapat penjelasan bagaimana mengembalikannya.
"Barang yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan. Makanya saya tidak mau bayar," kata Amzi.
Baca Juga: Viral, Hotel Bintang 5 Jualan Nasi Seharga Rp7 Ribu, Ini Lauknya
Dia menuturkan, dari awal dia telah curiga dengan paket yang diantar kurir.
Menurutnya, pada kotak paket, tertera ukuran sepatu 40. Namun, setelah dibuka, ternyata ukurannya 41.
Sedangkan nomor sepatu yang dipesan sesuai ukuran kakinya adalah 39.
Dia mengaku, memang baru sekali melakukan pesanan barang melalui online. Barang dipesan setelah mendapatkan iklan lapak online di media sosial.
"Saya lihat itu sepatunya bagus dan tertarik. Sengaja memilih bayar di rumah, karena memang takut ditipu," ujar dia.
Dengan pembayaran di rumah, menurut dia dapat barang bisa diperiksa, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli.
Baca Juga: Hotel Berbintang Dijual di Marketplace, Harganya Hingga Rp2,7 Triliun
Terkait keributan dengan kurir, Amzi menegaskan sebenarnya dia tidak keberatan untuk membayar biaya kirim, namun menolak membayar barang yang telah dia pesan.
Dia menyayangkan video yang diunggah menayangkan data pribadinya secara lengkap, mulai tempat tinggal dan nama lengkap.
Menurut Amzi, ini pencemaran dan menggiring opini.
Amzi mengklaim, di YouTube masalah yang lebih parah dari dirinya itu banyak.
Karena menganggap ini pencemaran nama baik, Amzi menunggu itikad baik Noppal. Sebab, ini sudah mengganggu dirinya sampai keluarganya.
“Ini WhatsApp saya sudah 5.000 pesan masuk tidak saya buka setelah video itu viral, dari seluruh Indonesia,” kata dia.
Baca Juga: Tertarik Beli Mobil Listrik yang Viral? Akhir Tahun Waktu yang Tepat!
“Kalau netizen menghujat itu tidak masalah, yang penting tidak terlalu kasar. Ini ada juga yang menghujat berlebihan, saya perhatikan saja,” kata dia.
Hingga kini, media sosial Amzi masih terus mendapat komentar-komentar negatif tentang kejadian tersebut.
Amzi mengatakan, jika itikad baik tidak ada maka dirinya akan melaporkan kejadian ini pada pihak kepolisian. Namun, kalau ada itikad baik secara kekeluargaan kondisi ini bisa diperbaiki.
Amzi mengaku, dirinya mencalonkan diri menjadi kepala desa Ampelu Tuo.
Dia mengatakan, punya pemilih 1.000 orang. Tapi, Amzi mengaku tak mau menggerakkan massanya, karena masih satu kampung dan menduga dirinya kenal dengan keluarga Noppal.
Cerita Versi Kurir Pengirim Paket
Noppal Surdi, kurir pengirim dalam kejadian ini mengatakan, memang banyak pelanggan yang bereaksi serupa, tapi tidak separah perlakuan penerima paket ini yang bisa merugikan kurir.
Baca Juga: Viral Kasus Pulau Dijual, Ini Tanggapan Pembeli: Saya Beli Tanah
Noppal mengaku sudah sering bertemu pelanggan yang seperti Amzi. Namun, biasanya semuanya teratasi, tidak sampai buka paket dahulu.
Noppal mengatakan, awalnya dia mengantarkan paket dan bertemu dengan Amzi.
Pria itu lalu membawa kotak itu ke belakang. Lalu kembali ke depan dan mengambil pisau.
"Jangan dibuka dulu pak," kata Noppal pada Amzi.
Amzi mengatakan tenang saja, dia sudah menyuruh istrinya mengambil uang di kamar.
Namun perasaan Noppal masih was-was. Dia sempat disuruh masuk, tapi repot karena dia memakai sepatu boot harus dibuka lagi.
Baca Juga: Viral, Pulau Lantigiang Diduga Dijual Rp900 Juta, Begini Kondisinya
Mau masuk mencegah Amzi membuka paketnya sebelum membayar dia juga takut, nanti bisa kena masalah karena masuk ke rumah pribadi orang.
Tiba-tiba paket sudah dibuka oleh Amzi. Amzi mengatakan, pesanannya tidak sesuai dan tidak mau menerima paketnya.
"Sudah tiga kali saya bilang jangan dibuka dulu waktu itu. Nanti jadinya saya yang ganti," kata Noppal, saat Kompas.com hubungi via WhatsApp, pada Sabtu (13/2).
Keduanya sempat beradu mulut dan berhenti sejenak. Noppal berpikir apa lagi yang bisa dilakukannya, akhirnya dia berinisiatif merekam Amzi yang sedang marah-marah.
Meski begitu, akhirnya paket harus dibawa lagi oleh Noppal ke kantornya.
"Alhamdulillah tidak disuruh ganti," kata dia.
Baca Juga: Akibat Surat Teguran ke YouTuber Viral, Eiger Beri Penjelasan
Sebab, kata dia, tugas COD kurir hanya menerima uangnya. Jika ingin komplain langsung ke tokonya dan Amzi menurutnya tidak memahami hal tersebut.
Lalu dia mengatakan paket tersebut sempat ditendang.
Noppal tidak berencana melaporkan hal ini pada polisi. Sebab, dia dan Amzi sama-sama orang sekampung.
Meskipun begitu dia tetap menunggu itikad baik Amzi secara langsung.
Video tentang kejadian ini yang beredar sudah ditonton puluhan ribu orang di beberapa akun media sosial dan belasan ribu komentar masuk ke Facebook Amzi dan istrinya.
Kebanyakan komentar negatif masuk ke komentar salah satu postingan istrinya.
Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul Viral, Penerima Paket COD Tidak Sesuai Marahi Kurir, Begini Ceritanya. (*)