Wajib Tahu, Ini 3 Cara Mudah Tingkatkan Tabungan di Tahun 2021

Selasa, 26 Januari 2021 | 14:30
Freepik

Wajib Tahu, Simak 3 Cara Mudah Meningkatkan Tabungan di Tahun 2021

CERDASBELANJA.ID – Awal tahun baru merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk melakukan perencanaan keuangan dan tujuan finansial kita.

Tidak heran apabila salah satu tujuan utama dari finansial di tahun ini adalah menambah tabungan.

Apalagi di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang membuat banyak orang kesulitan secara finansial.

Baca Juga: Ini Cara Beli dan Jual Tabungan Emas Murah di Aplikasi Shopee

Mengutip dari Fox Business, selain menabung, hal yang tidak kalah penting untuk dijadikan tujuan finansial adalah dengan memiliki dana darurat.

Pasalnya, tabungan dana darurat bisa menolong kita dari hal-hal yang tidak terduga.

Apabila sudah memetakan upaya penghematan di tahun 2021, maka ada beberapa cara tambahan untuk mempermudah kita dalam merealisasikannya.

1. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Salah satu hal penting yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tabungan adalah dengan menghindari penggunaan kartu kredit dalam setiap transaksi.

Kita perlu selalu menggunakan uang tunai untuk membayar transaksi yang dilakukan. Hal ini untuk melatih kita agar terbebas dari utang yang menumpuk.

Selain itu, kita juga bisa lebih berhati-hati dalam menggunakan uang, karena penggunaan uang tunai tidak seleluasa kartu kredit. Dengan demikian, kita bisa lebih memprioritaskan menabung daripada berbelanja.

Baca Juga: Tips Atur Keuangan ala Atta Halilintar, Harus Punya Banyak Rekening

2. Buka Rekening Tabungan dengan Suku Bunga Tinggi

Bukalah rekening tabungan khusus untuk menabung dengan memperhatikan imbal hasil (yield) tahunan yang bisa didapatkan. Yield ini berguna untuk mencerminkan seberapa banyak uang kita dapat tumbuh berdasarkan bagaimana suku bunga rekening tabungan kita bertambah selama setahun.

Meskipun Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (DRRR) sebesar 3,75%, tetapi kita masih bisa mendapatkan keuntungan dari suku bunga tersebut.

Saat akan membuka rekening baru untuk menabung, pastikan kita memilih suku bunga yang paling tinggi. Apabila suku bunga saat ini masih kompetitif, maka kita bisa memilih rekening yang tidak membutuhkan biaya bulanan atau membutuhkan biaya bulanan yang murah.

3. Atur Fitur Transfer Otomatis ke dalam Tabungan

Jika kita kesulitan untuk konsisten, maka kita bisa menggunakan fitur transfer otomatis. Fitur ini dapat memudahkan dan membantu kita untuk membiasakan diri menabung dan memastikan bahwa kita tetap menggunakan uang sesuai dengan rencana.

selain perbankan, kita juga bisa melihat beberapa aplikasi teknologi finansial (tekfin) yang dapat membantu kita dalam mengotomatiskan tabungan.

Melalui transfer otomatis ini, kita bisa menumbuhkan tabungan di tahun 2021 tanpa ada kesulitan sedikit pun. Semakin banyak setoran yang ditabung, maka semakin banyak kita bisa berhemat.

Baca Juga: Anti Ribet, Ini Cara Mudah Menabung Emas di Pegadaian Lewat Tokopedia

4. Minimalkan Utang

Sebisa mungkin minimalkan utang untuk bertransaksi di tahun ini. Apalagi, kita masih memiliki utang lain yang belum dibayar.

Apabila terpaksa berutang, maka pastikan nominal utang tidak terlalu besar, serta tidak melebihi penghasilan bulanan.

Untuk membantu membayar utang, kita bisa menyimpan uang di instrumen investasi dengan yield tinggi, kemudian mencairkannya ketika waktu jatuh tempo utang sudah dekat. (*)

Editor : Yunus

Sumber : Fox Business

Baca Lainnya