Siap Bisnis Kuliner? Gofood Prediksi Menu yang Bakal Laris Tahun Ini

Selasa, 26 Januari 2021 | 09:30
UNSPLASH.COM

CERDASBELANJA.ID – Bisnis kuliner termasuk salah satu bisnis yang banyak dilakukan orang, terutama UMKM.

Soalnya, bisnis ini akan mendatangkan keuntungan yang lumayan jika menu yang disajikan disukai pembeli.

Nah, bagi yang mau siap-siap bisnis kuliner, Gofood prediksi menu yang bakal laris tahun ini.

Baca Juga: Diskon Super Segar, Ini Rekomendasi Promo Minuman Kekinian di GoFood

Seperti dilansir dari Kompas.com, Gofood memang baru merilis prediksi makanan dan minuman yang laris tahun 2021.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group, mengatakan tahun ini setidaknya ada 3 menu kuliner yang diprediksi bakal laris di layanan Gofood.

Mulai dessert box (cake dalam kemasan) dengan berbagai varian dan kemasan yang unik, makanan dan minuman berbahan dasar Milo, dan rice bowl dengan berbagai topping.

"Ini berdasarkan tingkat jumlah pesanan serta jumlah pencarian di penghujung 2020 lalu,” kata Catherine.

Dalam siaran persnya, Senin (25/1), Catherine menyebut, prediksi ini dapat jadi inspirasi bagi para mitra usaha yang tengah mempersiapkan kreasi menu andalan di tahun 2021.

Sementara untuk 2020, menu kuliner terlaris di layanan Gofood masih didominasi oleh 2 juara bertahan, yaitu ayam goreng dan kopi susu.

Baca Juga: Dijamin Berguna, Ini Rekomendasi Kado Untuk Teman yang Hobi Memasak

"Dua menu ini masih jadi menu makanan favorit masyarakat Indonesia, terutama di masa pandemi,” ucap Catherine.

Penyebabnya, menurut Catherine, karena menu tersebut jadi santapan wajib selama masyarakat bekerja dan belajar dari rumah.

Selain itu lanjut dia, ada 3 menu yang jadi pendatang baru tahun 2020.

Yang pertama produk mie pedas terutama yang di-branding dengan nama-nama unik seperti mie setan, mie iblis, dan banyak lainnya. Kemudian dimsum goreng jenis udang rambutan.

Menu pendatang baru yang disediakan UMKM ini juga jadi camilan favorit masyarakat tahun lalu.

Selain itu, ada minuman mix dengan bahan dasar susu segar yang dipadukan dengan matcha (teh hijau), pandan, bobba, dan kreasi unik lainnya.

Baca Juga: Penting Manfaatkan Media Sosial untuk Double Untung Berbisnis Kuliner

Menu itu juga diminati masyarakat sebagai teman bekerja dan belajar di rumah.

Chaterine juga membeberkan beberapa fitur Gofood di tahun 2020, yaitu fitur contactless delivery, Gofood pickup, serta fitur ganti lokasi dan pesanan menu bundle/menu keluarga.

Untuk fitur contactless delivery, tercatat pengguna rata-rata tertinggi meningkat 5 kali lipat sejak diluncurkan pada bulan Maret 2020.

Lalu untuk fitur ganti lokasi, setiap harinya, ada 1 dari 5 (20 persen) pelanggan Gofood melakukan transaksi dengan memanfaatkan fitur ini sepanjang tahun 2020.

Sementara untuk pesanan menu bundle/menu keluarga, mencapai 40 persen dari seluruh total transaksi Gofood.

"Pemesanan menu keluarga ini semakin meningkat di bulan Desember 2020, di mana Gofood menghadirkan promo Foodiskon untuk berwisata kuliner #DiRumahAja," ucap dia.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul Mau Bisnis Kuliner? Simak Prediksi Makanan yang Bakal Laris di 2021 dari Gofood. (*)

Tag

Editor : Yunus

Sumber Kompas.com