Jangan Sampai Kalap, Ini 5 Tips Jitu Belanja di Musim Liburan

Senin, 11 Januari 2021 | 14:00
pexels.com/@pixabay

Jangan Sampai Kalap, Simak 5 Tips Jitu Belanja di Musim Liburan

CERDASBELANJA.ID – Musim liburan merupakan salah satu waktu yang paling ditunggu-tunggu para pencari promo dan diskon.

Pada musim ini, seluruh toko ritel cenderung akan menawarkan barang mereka dengan potongan harga secara besar-besaran.

Tidak jarang, pada momen ini orang-orang akan berbelanja dengan lebih impulsif.

Baca Juga: Promo JCO Januari 2021, Weekly Promotion Jpops Cuma Rp155 ribu

Fenomena ini didasarkan oleh banyaknya barang yang dijual dengan harga miring dan jauh dari pasaran.

Tidak heran jika banyak orang yang sangat menunggu musim liburan untuk berbelanja.

Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa mengaplikasikan beberapa tips berikut untuk berbelanja dengan lebih cerdas di musim liburan.

1. Rencanakan Daftar Belanja

Sebelum mulai berbelanja, kita perlu membuat daftar belanjaan yang memang sedang dibutuhkan. Kamu juga perlu membuat rencana budget yang akan dibelanjakan

Apabila kamu memiliki uang yang terbatas, maka kita perlu membuat daftar ini dengan sangat terperinci. Pastikan untuk berbelanja sesuai dengan apa yang tertera di dalam daftar belanja tersbut, serta sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

Ingatlah bahwa kita memiliki uang yang terbatas dan perlu digunakan untuk kebutuhan lain. Dengan demikian, kita tidak akan menjadi impulsif dan boros pada saat berbelanja.

Baca Juga: Investor, Simak Peluang Investasi Paling Menguntungkan di Tahun 2021

2.Lacak Perubahan Harga yang Ditawarkan

Apabila kamu berbelanja secara online, kita akan melihat banyak sekali penawaran barang tertentu dengan harga yang murah.

Namun, sebelum tergiur harga yang murah, kita perlu melakukan riset harga barang tersebut sebelum diberikan diskon.

Jika harga sebelumnya tidak jauh berbeda dengan harga setelah diskon, maka kita bisa mencari barang lain untuk dibeli. Sebaiknya, lakukan riset harga sebelum musim liburan dimulai untuk mempermudah melacak barang tersebut.

3. Belilah Barang dengan Jangka Waktu Pemakaian yang Panjang

Untuk memhindari pembelian barang secara impulsif, maka kita bisa mencoba membeli barang yang memiliki nilai manfaat dalam jangka panjang.

Misalnya seperti peralatan dapur, dekorasi rumah, perkakas dan sebagainya. Hindari membeli barang dengan nilai manfaat berjangka pendek.

Namun, apabilakita tidak terlalu membutuhkan barang tersebut, kita bisa membatasi pembelian, pada barang yang memang akan dibutuhkan pada saat ini.

Baca Juga: Mau Bisnis Online Laris Manis dan Ramai Konsumen? Terapkan 5 Cara Ini

4. Usahakan agar Mendapatkan Cashback

Apabila berbelanja secara online, usahakan untuk menggunakan kupon diskon atau kupon cashback. Dengan demikian, kita akan menghemat pengeluaran.

Selain menggunakan kupon, kita juga bisa menggunakan aplikasi cashback bernama Shopback. Hanya dengan mulai belanja melalui aplikasi tersebut, nantinya Shopback akan memberikan cashback dari barang yang kamu belanjakan.

Namun apabila kita berbelanja secara langsung, kita bisa menggunakan promo cashback yang ditawarkan layanan pembayaran digital seperti Gopay, OVO, LinkAja dan sebagainya.

5. Belilah Produk Milik UMKM

Sebisa mungkin kamu berbelanja kebutuhan dari para pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari toko ritel, kualitas barang yang didapatkan pun tidak akan mengecewakan.

Di sisi lain, secara tidak langsung kita juga telah membantu para pelaku UMKM untuk tetap bisa bertahan di tengah pandemi. (*)

Editor : Yunus

Baca Lainnya