Tips Atur Keuangan ala Cinta Laura, Tabung 30% dari Penghasilan

Selasa, 29 Desember 2020 | 15:00
https://www.kompas.com/hype/read/2020/07/16/200923166/tips-atur-keuangan-ala-cinta-laura-sisihkan-30-persen-dan-jangan-kebobolan

Tips Atur Keuangan ala Cinta Laura, Sisihkan 30% dari Penghasilan

CERDASBELANJA.ID -Sejak kecil, artis peran Cinta Laura mengaku belum pernah merasakan situasi bokek atau tidak mempunyai uang.

Melansir dari Kompas.com, Cinta mengatakan selain karena telah meniti karier sebagai artis sejak usia 12 tahun, Cinta mengaku selalu diajarkan sang ayah untuk mengatur keuangan dengan baik.

“Kebetulan aku dibesarkan oleh papa yang selalu mengajarkan aku soal money management. So I’m always been really good about money,” ujar Cinta Laura sebagaimana dikutip dari kanal YouTube Luna Maya, Selasa (29/12).

Baca Juga: Menarik! Tips Investasi ala Ayu Ting Ting, Tak Akan Turun Harganya

Lebih lanjut Cinta menjelaskan, meskipun ia sudah bisa menghasilkan uang sendiri sejak umur 12 tahun, tetapi selama ia masih berumur di bawah 18 tahun artinya ia masih menjadi tanggung jawab orang tuanya.

Maka dari itu, uang yang dihasilkan Cinta sejak berumur 12 tahun selalu ia berikan kepada orang tuanya untuk ditabung.

“(Uangnya) sama sekali nggak di-touch sampai pidah ke Amerika. Sinetron pertama itu kan stripping, jadi selama 30 hari dapat gaji setiap hari,” paparnya.

Kemudian, Cinta membagikan tips mengatur keuangan agar tidak boros dan bisa tetap menabung.

Hal ini ia bagikan berdasarkan ilmu keuangan yang dipelajarinya.

"Ada aturan dalam dunia finance di mana mereka mengatakan kalau kalian misalnya dapat Rp100 juta, paling tidak 30%, yaitu Rp 30 juta harus kalian tabung atau investasi," ungkap Cinta.

Baca Juga: Investor Pemula, Kenali Berbagai Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Jadi, jika selama sebulan kita bisa menabung Rp30 juta dan konsisten setiap bulannya, maka hasilnya lama-lama akan menjadi bukit.

"Bayangin aja kalau kita sisain Rp 30 juta per bulan, dikali 12 bulan, berapa? That's already a lot of money," tutur Cinta Laura.

Namun, meski menabung secara rutin, Cinta menuturkan tidak ada salahnya untuk memberi penghargaan ke diri sendiri kala sudah bekerja keras. "Aku sangat percaya kalau kita kerja keras kita deserve untuk sekali-kali beli baju, tas, sepatu baru. Thats so normal," ucapnya.

"Tapi, jangan sampai kebobolan," imbuh Cinta Laura.

Cinta Laura juga bersyukur honornya cukup tinggi saat main sinetron pertama dulu, yang berjudul Cinderella. Tetapi ia tidak bisa menyebut nominalnya. Belum lagi syuting sinetronnya stripping alias 30 hari berturut-turut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tips Atur Keuangan ala Cinta Laura, Sisihkan 30 Persen dan Jangan Kebobolan.(*)

Editor : Yunus

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya